Tol Laut Sampai Patimban, Begini Program Perhubungan 2022!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
26 August 2021 14:10
Pelabuhan Internasional Patimban Subang Jawa Barat. (Dok. Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub)

Jakarta, CNBC Indonesia - Alokasi anggaran Kementerian Perhubungan diproyeksikan senilai Rp 32,9 triliun di tahun 2022. Ada beberapa proyek prioritas yang akan difokuskan pada tahun depan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pelaksanaan program pembangunan sesuai RPJMN dalam rangka meningkatkan konektivitas nasional. Juga melakukan pembiayaan kreatif supaya bisa menghemat APBN.

"Melaksanakan KPI penting seperti menyelesaikan Patimban, menyelesaikan kereta api Makassar - Pare Pare, memaksimalkan operasional Kertajati, melakukan peningkatan Kuala Tanjung dan pembangunan Pelabuhan New Ambon dan New Palembang Tanjung Carat," katanya dalam Raker dengan Komisi V DPR RI, Kamis (26/8/2021).


Selain itu ada penambahan akses tol laut di Papua dan NTT, supaya arus distribusi barang seperti beras bisa disalurkan secara merata.

Budi juga bicara mengenai peningkatan keselamatan transportasi, program vokasi, dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), juga membangun konektivitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Untuk penanggulangan pandemi Covid - 19, Kementerian Perhubungan juga mengambil peran mulai dari padat karya, menyediakan tempat isolasi mandiri dari balai, juga isolasi kapal terapung di 6 lokasi (Makassar Bitung, Sorong, Lampung Medan, Jayapura).


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading