Catat! Pemda-Pemda Ini Paling Hobi Taruh Dana Ngendon di Bank

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
25 August 2021 20:19
Ilustrasi Uang

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Keuangan melaporkan, pemerintah daerah (pemda) mulai mencairkan dana yang selama ini disimpan alias 'ngendon' di perbankan.

Simpanan di bank terbanyak saat ini dilakukan oleh Pemda Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Barat (Jabar).

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, hingga akhir Juli 2021, posisi simpanan pemda sebesar Rp 173,73 triliun, turun 8,63% dibandingkan posisi pada Juni 2021 yang sebesar Rp 190,13 triliun.


Adapun simpanan pemda pada akhir Juli yang sebesar Rp 173,73 triliun tersebut juga turun 7,74% dibandingkan posisi Juli 2020 yang sebesar Rp 188,3 triliun.

"Posisi simpanan pemda pada Juli 2021 turun Rp 16,40 triliun dari Juni. Artinya pemda sudah mulai melakukan pencairan anggaran," ujar Suahasil dalam konferensi pers APBN Kita secara virtual, Rabu (25/8/2021).

Kendati demikian, simpanan pemda tersebut nilainya masih sangat tinggi. Pemda diminta berupaya keras agar hak dari masyarakat bisa terealisasi seluruhnya sebelum akhir tahun.

Kemenkeu juga memantau perkembangan kebutuhan belanja dalam tiga bulan terakhir. Di mana beberapa daerah membutuhkan belanja operasional lebih tinggi dibandingkan lainnya.

"Di beberapa provinsi, nilai simpanan tersebut masih lebih besar dibandingkan biaya operasional selama tiga bulan ke depan," ujarnya.

"Hal ini mengindikasikan bahwa kas yang ada di daerah belum dimanfaatkan secara optimal," kata Suahasil melanjutkan.

Berikut 10 Provinsi yang memiliki simpanan di bank dengan nilai terbesar:
1. Jawa Timur
2. Jawa Tengah
3. Jawa Barat
4. Papua
5. Aceh
6. Sumatera Utara
7. Kalimantan Timur
8. Riau


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sri Mulyani Beri Peringatan ke Pemda, Ada Apa?


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading