Momen Kebersamaan Jokowi & Prabowo Cek Ibu Kota Baru RI

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
25 August 2021 09:29
Presiden RI Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo saat meninjau  sodetan jalan IKN (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 'bertandang' ke Kalimantan Selasa (24/8/21). Jokowi memastikan bahwa agenda pembangunan Ibu Kota Baru di Provinsi Kalimantan Timur tetap sesuai rencana yang sudah ditetapkan.

Hal tersebut ditekankan kepala negara meninjau langsung akses jalan menuju calon Ibu Kota Negara (IKN) yang terletak di Jalan Tol Balikpapan - Samarinda KM 14, dikutip melalui tayangan Youtube Sekretariat Presiden.

"Agenda Ibu Kota baru tetap dalam rencana," tegas Jokowi, Selasa (24/8/2021).

Jokowi mengatakan, tujuannya untuk melihat langsung sodetan tersebut untuk memastikan infrastruktur penunjang menuju lokasi Ibu Kota baru tidak mengalami kendala.

"Kita melihat ini melihat lebih detail lagi karena untuk membangun ibu kota baru yang paling penting adalah infrastruktur menuju ke sana dulu untuk nanti membawa logistik," ujar Jokowi di lokasi yang didampingi Menhan Prabowo.

Presiden RI Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo saat meninjau  sodetan jalan IKN (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)Foto: Presiden RI Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo saat meninjau sodetan jalan IKN (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)



"Tadi saya dengan Pak Menhan dengan Pak Menteri PUPR untuk melihat secara detail juga. Tadi kita diskusi mengenai kira-kira di mana pelabuhan, di mana airport. Kalau kita melihat ke lapangan seperti ini akan lebih mudah. Itu saja," lanjutnya.

Sebagai informasi, ini merupakan kali pertama Jokowi kembali angkat bicara mengenai proyek Ibu Kota baru kendati pendanaan untuk proyek ini tidak dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun depan.

Bahkan dalam dua tahun terakhir, Jokowi sama sekali tak menyinggung kelanjutan rencana dari pembangunan Ibu Kota baru dalam Pidato Kenegaraan. Padahal, biasanya berbagai kebijakan penting menjadi topik dalam pidato kenegaraan.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku telah berbicara langsung dengan Jokowi terkait hal ini. Menurut Prabowo, proyek pembangunan Ibu Kota baru merupakan proyek strategis.

"Saya menyampaikan saran kepada presiden, bahwa ini strategis. Kita harus ada keberanian untuk memindahkan Ibu Kota, memisahkan pusat pemerintahan dari pusat keuangan, perdagangan, industri," kata Prabowo.

Menurutnya, persiapan pembangunan calon Ibu Kota baru telah dipersiapkan dengan matang. Prabowo menegaskan mendukung penuh rencana untuk memindahkan Ibu Kota baru.

"Saya kira ini saya sangat mendukung. Saya sarankan kepada presiden kita harus teruskan. Itu saran saya, dan Menteri PU sudah meyakinkan bahwa ini persiapannya sudah sangat matang," tegasnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mengintip Masterplan Alutsista A La Prabowo, Seperti Apa?


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading