Kawan Baik! India Pinjamkan 10 Isotank Oksigen ke RI

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
24 August 2021 20:25
Ilustrasi IGD

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah India dilaporkan mengirimkan bantuan medis dalam bentuk isotank oksigen dan konsentrator untuk penanganan pandemi Covid-19.

Mengutip keterangan resmi Kemenlu, New Delhi meminjamkan sebanyak 10 isotank yang masing-masing berkapasitas 20 MT. Untuk konsentrator, India mengirimkan hibah sebanyak 300 unit. Tak hanya isotank dan konsentrator, 100 MT oksigen medis cair juga diberikan.

"Sebanyak 10 unit isotanks dari India dimaksud tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 24 Agustus 2021 pukul 11:00 WIB dan diserahterimakan oleh Dubes India untuk Indonesia, Y.M. Manoj Kumar Bharti, kepada Kementerian Kesehatan yang diwakili oleh Plh. Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Bapak Dr. Sumarjaya," ujar Kemenlu dalam situs resmi, Selasa (24/8/2021).


Menurut rencana, isotank yang telah diserahterimakan ke Kementerian Kesehatan itu akan langsung disalurkan ke wilayah Jawa Timur, Jogjakarta, dan beberapa provinsi di Pulau Sumatera dengan dukungan fasilitas transportasi dari Pertamina.

Dalam pengiriman ini, Kemenlu menyatakan apresiasinya yang begitu tinggi kepada India. Kementerian yang dipimpin Menlu Retno Marsudi itu mengungkapkan banyak kedekatan antara RI dan India sehingga kedua negara tetap akan membantu satu sama lain.

"Sebagai Mitra Komprehensif Strategis, yang memiliki kedekatan dari akar sejarah dan budaya, Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Pemerintah India atas bantuan yang kembali disampaikan dalam rangka penanganan Covid-19."

Sebelumnya pemerintah India sendiri telah mengirimkan bantuan oksigen pada Juli lalu ke Indonesia. Dalam informasi yang diberikan Menteri urusan Eksternal India, S. Jaishankar, pengiriman itu dilakukan dengan jalur laut dan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading