Penanganan pandemi Covid-19

Bukan Menakuti, RI akan Hadapi Multiple Waves di Masa Depan

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
23 August 2021 14:26
Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook dengan tema

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan skenario yang akan dihadapi Indonesia di masa depan seiring penyebaran virus corona varian delta. Hal itu diungkapkan Luhut dalam acara puncak peringatan HUT ke-43 BPPT yang ditayangkan di kanal Youtube BPPT RI pada, Senin (23/8/2021).

"Kita bisa saja menghadapi multiple waves di masa depan," ujarnya.

Berdasarkan paparan Luhut, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritman dan Investasi menekankan perlu ada edukasi ke masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini:

a. Protokol kesehatan itu penting dan harus diikuti
b. Pasti akan ada new normal dalam kehidupan sehari-hari selama pandemi Covid-19
c. Mutasi akan terus terjadi sehingga pengetatan dan relaksasi mobilitas dan aktivitas masyarakat akan terus dilakukan dalam menghadapi multiple waves ini.



Dalam kesempatan itu, Luhut mengusulkan sistem dan tata kelola bernegara harus direvisi. "Karena begitu keadaan darurat, ternyata sistem yang kita punya itu nggak jalan," katanya.

Ia mencontohkan perlu perbaikan garis komando dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi hingga pemerintah kabupaten/kota.

"Dan di pusat pun sebenarnya penanganannya sebenarnya mengenai dinkes belum jalan. Yang menangani testing, tracing, treatment itu pun belum satu garis. Ini juga masalah sendiri. Belum tadi masalah obat yang kita jadi juga masalah," ujar Luhut.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading