Tanpa Anggaran di 2022, Proyek Ibu Kota Baru Disetop?

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
20 August 2021 16:25
Desaiin Garuda Istana Negara Ibu Kota Baru (Instagram/@Jokowi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan rencana pembangunan proyek Ibu Kota Negara (IKN) baru yang berada di Kalimantan akan tetap berjalan. Bahkan pembahasan tetap berjalan sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Rionald Silaban saat dikonfirmasi mengenai tidak adanya anggaran pembangunan IKN baru di RAPBN 2022.

"IKN pada dasarnya, prosesnya saat ini masih terus dilakukan diskusi," ujarnya dalam bincang-bincang media secara virtual, Jumat (20/8/2021).


Menurutnya, pembahasan konsep pembangunan IKN baru terus dilakukan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang berperan sebagai lead seluruh proses.

Koordinasi antar Kementerian dan Lembaga (K/L) yang berkaitan dinilai masih terus berlanjut. Jadi dipastikan semua masih berjalan sesuai dengan rencana.

"Jadi saat ini masih terus difinalisasi (oleh Bappenas) dan diskusi antar Kementerian sudah dilakukan," jelasnya.

Lanjutnya, pembahasan terkait IKN yang terus dilakukan adalah mengenai pembiayaan dan juga penataannya. "Jadi progresnya berjalan terus. Lead-nya adalah Bappenas," tegasnya.

Sebagai informasi, dalam RAPBN 2022 beserta nota keuangannya, anggaran untuk pembangunan IKN baru tidak ditetapkan seperti pada tahun ini. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraan tidak menyinggung soal pembangunan IKN, padahal sebelumnya sangat digaungkan.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading