Apa Kabar Uji Coba Masuk Mal Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin?

News - Khairun Alfi Syahri MJ, CNBC Indonesia
18 August 2021 16:10
Petugas memberikan informasi scan code vaksin kepada pengunjung yang akan masuk ke dalam Mal Blok M Plaza, Jakarta, Selasa (10/8/2021). Pemerintah mengumumkan kembali memperpanjang PPKM hingga 16 Agustus 2021. Dalam perpanjangan kali ini pusat perbelanjaan atau mal di wilayah PPKM level 4 bisa dibuka dalam kapasitas 25%.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berimbas kepada perekonomian Indonesia. Faktor ekonomi menjadi pendorong masyarakat untuk meminta agar PPKM Level 4 dilonggarkan. Sebagai tindak lanjut, berbagai upaya sudah dilakukan oleh pemerintah, salah satunya dengan membuka pusat perbelanjaan atau mal di wilayah level 4 secara bertahap.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan meyakini pelonggaran yang dilakukan di sektor perdagangan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Pelonggaran terhadap mal ini sudah diuji coba selama dua pekan di sejumlah daerah di Jawa-Bali.

"Dengan protokol kesehatan dan wajib vaksin dan terafiliasi terhadap PeduliLindungi. Dari hasil yang kami peroleh ditingkat kepatuhan pengelolaan mal itu sangat baik," ujar Oke dalam acara "Penerapan Peraturan Baru di Sektor Usaha" yang ditayangkan di kanal Youtube Lawan Covid19 ID, Rabu (18/08/2021)

Pemerintah terus melakukan monitoring terhadap uji coba pembukaan mal yang dilakukan di 138 mal. Dengan diberlakukannya kartu vaksinansi sebagai syarat masuk mal, pemerintah bisa melihat data masyarakat yang sudah vaksinasi baik itu vaksin dosis pertama, kedua maupun sudah full vaksin pertama dan kedua.



"Melalui aplikasi Peduli Lindungi bisa kita deteksi bahwa jumlah yang masuk itu berkisar 1.015.303 orang dan di antara mereka yang kategori hijau artinya sudah vaksin dua kali itu ada 523.000 orang," kata Oke.

Selain itu, Indikator kuning atau masyarakat yang baru vaksin 1 kali sekitar 491.000 orang, serta masih ada masyarakat yang terdeteksi belum divaksin sama sekali dengan indikator merah. Bagi mereka yang belum pernah divaksin, pihak pusat perbelanjaan melarang keras mereka untuk masuk ke dalam mal.

Dilansir dari data Satgas Penanganan Covid-19 Indonesia, hingga Selasa (18/08/2021), sebanyak 54.982.550 orang yang sudah mendapatkan vaksin dosis vaksin pertama dan 29.159.049 orang telah mendapatkan dosis vaksin kedua.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

WHO: Hindari Perjalanan ke Luar Negeri Walau Sudah Divaksin


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading