Uji Coba Mal Buka, 1 Juta Orang Lolos Aplikasi PeduliLindungi

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
16 August 2021 21:10
Petugas memberikan informasi scan code vaksin kepada pengunjung yang akan masuk ke dalam Mal Blok M Plaza, Jakarta, Selasa (10/8/2021). Pemerintah mengumumkan kembali memperpanjang PPKM hingga 16 Agustus 2021. Dalam perpanjangan kali ini pusat perbelanjaan atau mal di wilayah PPKM level 4 bisa dibuka dalam kapasitas 25%.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah menerapkan sistem aplikasi digital 'Peduli Lindungi' yang menjadi syarat untuk memasuki pusat perbelanjaan atau mal. Dari aplikasi itu sampai saat ini sudah menyisir data vaksinasi orang yang mengunjungi mal mencapai 1 juta orang.

"Sepertinya kita akan hidup lebih lama dengan virus (corona), kita harus bangun protokol kesehatan yang mengatur segala tata kehidupan sehari hari aman tapi bisa beraktivitas hingga ekonomi jalan. Pak Menko sudah mulai dengan mal kita pasangkan sistem dilebih 180 mal, dan sekarang itu kita sudah uji coba sampai 1 juta orang," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam konfernsi pers, Senin (16/8/2021).

Nantinya menurut Budi sesuai arahan Ketua Koordiantor PPKM Luhut Binsar Pandjaitan dan Airlangga Hartarto akan menerapkan teknologi digital pada sektor lainnya, seperti industri, semua moda transportasi, kegiatan keagamaan, pendidikan, hingga pariwisata.


"Semua kegiatan kita sehari hari akan di-adjust protokol kesehatannya dengan menerapkan teknologi digital," jelasnya.

"Pandemi ini badai, ... semua harus ambil bagian supaya semua orang selamat karena tidak semua aman sampai semua selamat," tambahnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dalam percobaan pembukaan mal, penerapan aplikasi peduli lindungi berjalan baik. Sampai saat ini sudah ada 1,015 juta orang yang melakukan check in pada sistem supaya bisa memasuki mal.

"Dan ada 619 orang yang ditolak sistem dan tidak masuk mal, dengan segala macam alasan," jelasnya.

Menurut Luhut hasil penerapan protokol kesehatan dalam rangka pembukaan mal sudah cukup baik. Hal ini dilakukan untuk mendisiplinkan masyarakat juga. Sehingga pemerintah akan memperluas cakupan kota di wilayah PPKM level 4 untuk melakukan uji coba.

"Selain itu pemerintah juga meningkatkan kapasitas tingkat kunjungan pusat perbelanjaan menjadi 50% dan dine in sejumlah 25%, atau hanya 2 orang perĀ  meja. Selama seminggu ke depan di wilayah level 4 yang melakukan uji coba dan di wilayah level 3. Protokol yang digunakan dengan yang sudah berjalan saat ini dengan aplikasi peduli lindungi," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading