Satgas Covid Ajak Warga Rayakan Kemerdekaan di Rumah Digital

News - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
14 August 2021 16:27
Reisa Broto Asmoro - Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas

Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro menyatakan, kesehatan akan menjadi kunci dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang positif. Selain itu, kesehatan juga akan menjadi faktor utama dalam melindungi ekonomi rumah tangga karena sebagai tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional.

"Meski beberapa bidang sudah dibuka, jaga terus kedisiplinan protokol kesehatan keluarga dan tetap perhatikan mobilitas," ujar dr. Reisa, Jumat (13/8/2021).

Dia menegaskan, tidak ada wilayah yang bebas dari risiko penularan Covid-19. Jadi, masyarakat diimbau untuk menentukan prioritas tujuan dengan penuh pertimbangan saat harus keluar rumah, apalagi jika membawa serta anak-anak. Kalaupun harus bepergian, lanjutnya, masyarakat diminta untuk tetap menerapkan prokes saat pulang ke rumah.


"Saya ingatkan lagi bahwa sudah ada panduan dari kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak tentang protokol kesehatan keluarga sejak Oktober tahun lalu. Silahkan kunjungi situs dan unduh dokumennya di https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/41/2896/prot," ujarnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk merayakan hari kemerdekaan 2021 di Rumah Digital Indonesia (RDI). Beragam fitur yang tersaji di RDI bisa dinikmati masyarakat untuk menyemarakkan perayaan hari kemerdekaan dari rumah.

"Mulai dari berinteraksi virtual sesama pengunjung virtual, menonton berbagai konten hiburan seni dan budaya, literasi digital, hingga belanja produk lokal secara virtual," ujar dr. Reisa.

Menurutnya, di RDI masyarakat juga bisa melakukan lomba dan permainan tradisional khas 17-an seperti lomba balap dengan siapapun dan dari mana pun. Dia menjelaskan, RDI merupakan kolaborasi bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian Agama, dan Kementerian Luar Negeri.

Puncak perayaan kemerdekaan akan berlangsung pada 16 Agustus 2021 mulai pukul 19.00 wib melalui laman rumahdigitalindonesia.id//visit https://www.rumahdigitalindonesia.id/.

"Jadilah anak bangsa yang membanggakan dan memberi teladan termasuk dengan menghindari menyelenggarakan perayaan hari kemerdekaan secara terbuka dan mengundang kerumunan. Kurangi risiko penularan Covid-19 dengan cara merayakan kemerdekaan di rumah secara digital," katanya.

dr. Reisa menambahkan, bagi yang ingin langsung ikut upacara kemerdekaan secara virtual bersama Presiden Jokowi dan menyaksikan Paskibraka beraksi baik upacara peringatan detik-detik proklamasi yang diselenggarakan pagi hari pukul 08.00 WIB atau upacara penurunan bendera pada sore hari pukul 14.30 WIB bisa mendaftarkan ke https://pandang.istanapresiden.go.id/registrasi//.

"Jadi kita bisa tetap rayakan 17 Agustus dengan aman bersama orang-orang tercinta di rumah yang nyaman. Demi Indonesia, kita pasti bisa. Selamat menyongsong hari merdeka," kata dr. Reisa.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading