8,8 Juta Keluarga di RI Segera 'Disiram' Bansos Beras PPKM

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
12 August 2021 13:55
Program Bantuan Sosial Beras untuk 10 Juta Keluarga Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) Foto: Program Bantuan Sosial Beras untuk 10 Juta Keluarga Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah bakal melanjutkan program Bantuan Beras PPKM tahap II menyusul selesainya Bantuan Beras PPKM untuk tahap I. Kali ini, Penyaluran Bantuan Beras PPKM bakal diberikan kepada 8,8 juta Keluarga Penerima Manfaat, setelah sebelumnya berhasil melaksanakan penyaluran tahap I kepada 20 juta keluarga penerima manfaat.

"Jadi, total keluarga penerima manfaat untuk bantuan beras PPKM (tahap I dan II) sebanyak 28,8 juta keluarga," kata Sekretaris Jenderal Kemensos Hartono Laras dalam Kick Off Distribusi Bantuan Beras PPKM Tahap II secara virtual, Kamis, 12 Agustus 2021.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengklaim bahwa pihaknya bakal memperjuangkan Program Bantuan Beras PPKM dengan baik, lancar, tepat kualitas dan tepat waktu serta sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

"Kegiatan ini adalah misi negara bukan misi bisnis, jadi bagaimanapun harus sukses karena tujuannya membantu masyarakat yang susah," Kata Budi Waseso.

Targetnya, penyaluran beras tahap dua ini akan selesai hingga 20 Agustus 2021. Dalam waktu satu pekan ke depan, harapannya beras ini bakal menyentuh daerah-daerah di pelosok.

Selain itu, Program Bantuan Beras PPKM ini berasal dari beras petani yang dibeli BULOG sesuai amanah dari Inpres No.5 Tahun 2015, selain itu, BULOG juga ditugaskan untuk menyimpan stok Cadangan Beras Pemerintah yang berasal dari serapan petani sejumlah 1-1,5 juta ton.

"Salah satu penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tersebut, yaitu untuk program Bantuan Beras PPKM ini, kalo ini bisa tersalurkan, maka BULOG akan menyerap kembali beras hasil petani untuk menjaga stok CBP tadi, jadi ada multiplier effect-nya program pemerintah ini," kata Budi Waseso.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cerita Pilu Pedagang di Mal Saat PPKM Makin Panjang


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading