Internasional

Tak Latah 'Damai dengan Covid', Selandia Baru Buka Diri 2022

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
12 August 2021 13:05
In this image from a video, New Zealand Prime Minister Jacinda Ardern speaks at a news conference in Wellington, New Zealand Tuesday, Aug. 11, 2020. Ardern said Tuesday that authorities have found four cases of the coronavirus in one Auckland household from an unknown source, the first reported cases of local transmission in the country in 102 days. (TVNZ via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Selandia Baru merancang sebuah rencana untuk mulai membuka negaranya kembali kepada masyarakat dunia mulai awal 2022. Dalam rencana itu, pelancong yang ingin masuk ke negara selatan bumi itu tanpa karantina harus telah divaksinasi dan berasal dari negara berisiko rendah Covid-19.

Mengutip Reuters, Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan pada hari Kamis (12/8/2021) bahwa negara berpenduduk lima juta jiwa itu tidak akan terburu-buru dalam membuka perbatasannya secara bebas.


"Kami belum dalam posisi untuk membuka kembali sepenuhnya," kata pemimpin berusia 41 tahun itu dalam pidato yang menguraikan rencana untuk menghubungkan kembali Selandia Baru dengan dunia.

"Saat kita bergerak kita akan hati-hati dan kesengajaan, karena kita ingin bergerak dengan keyakinan dan kepastian yang sebesar-besarnya."

Ardern mengatakan pemerintah akan membuka perjalanan bebas karantina untuk pelancong yang divaksinasi dari negara-negara berisiko rendah mulai kuartal pertama tahun 2022.

Dalam rencana itu, pelancong yang bepergian dari negara-negara berisiko sedang akan melakukan isolasi diri atau tinggal lebih pendek di hotel karantina sementara mereka yang datang dari negara berisiko tinggi atau tidak divaksinasi masih harus menghabiskan 14 hari di karantina.

Sementara itu, negara yang bernama lain Aotearoa itu berjanji mempercepat peluncuran vaksinasi nasionalnya mengingat sejauh ini baru 21% masyarakat tervaksinasi. Nantinya mulai 1 September, seluruh golongan masyarakat yang telah diizinkan untuk divaksinasi sudah boleh mendaftar secara online.

Selandia Baru sendiri didaulat sebagai salah satu negara yang paling berhasil di dunia dalam mengendalikan pandemi Covid-19. Hingga saat ini Selandia Baru telah mencatatkan 2.904 kasus infeksi yang diiringi 26 kematian sejak pandemi melanda.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Selandia Baru Masukan RI ke Daftar Negara Paling Berisiko


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading