Deal dengan TGI, Pertamina Pastikan Pasokan Gas ke Rokan Aman

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
06 August 2021 18:15
Pertamina siap ambil alih kelola Blok Rokan. Doc:PHE.

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan PT Transportasi Gas Indonesia (TGI) menandatangani Perjanjian Pengangkutan Gas Bumi (PPG), hari ini, Jumat (06/08/2021).

TGI akan memberikan jasa pengangkutan gas melalui pipa transmisi kepada PHR selaku pengelola Blok Rokan, Riau pada 9 Agustus 2021 nanti.

Gas yang akan diangkut sebesar 170 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD), di mana gasnya bersumber dari Blok Corridor yang dikelola oleh ConocoPhillips dan Blok Jambi Merang yang dikelola oleh PHE Jambi Merang di Sumatera Selatan.


Gas diperlukan untuk injeksi uap (steam flood) sumur-sumur minyak di Blok Rokan mengingat jenis minyak di blok ini berat/ kental, sehingga memerlukan uap agar minyak ini dapat terangkat dari reservoir alias dapat diproduksi.

Direktur Utama PHR Jaffee Arizon Suardin mengatakan, penandatanganan PPG ini dilakukan untuk memastikan pengangkutan gas untuk Blok Rokan dapat berjalan dengan lancar tanpa gangguan operasional.

"Kami ingin TGI sebagai mitra kerja PHR selalu mengutamakan HSSE. Terlebih lagi dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, kami mengharapkan usaha ekstra dari TGI, karena keselamatan setiap individu sangat berharga," ungkapnya, dikutip dari keterangan resmi perusahaan, Jumat (06/08/2021).

TGI merupakan bagian dari grup PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), Subholding Gas Pertamina. TGI didirikan pada 2002 dengan pemegang saham saat ini terdiri dari PGN dan Transasia Pipeline Company Pvt. Ltd. selaku mitra strategis.

Direktur Utama TGI Gamal Imam Santoso mengatakan, TGI mengoperasikan dua ruas pipa, yakni ke Duri dan Singapura.

"TGI memiliki dan mengoperasikan dua ruas pipa transmisi 28" yaitu ruas Grissik-Duri sepanjang 536 km dan ruas Grissik-Batas Negara Singapura sepanjang 468 km, dengan Hak Khusus Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa yang telah diperpanjang oleh BPH Migas untuk kedua ruas pipa tersebut," paparnya.

Dia mengatakan, hal ini merupakan kelanjutan kontribusi nyata TGI untuk mendukung program produksi minyak pemerintah dalam rangka ketahanan energi nasional. Sebelumnya, TGI juga telah memberikan jasa pengangkutan gas untuk WK Rokan sejak TGI berdiri pada 2002.

Selain PPG dengan PHR, secara total saat ini TGI melayani jasa pengangkutan gas untuk 16 PPG yang mendukung produksi minyak, kilang, kelistrikan, industri, hingga jaringan rumah tangga dan pelanggan kecil (jargas) melalui dua ruas pipa Grissik-Duri dan Grissik-Batas Negara Singapura.

Seperti diketahui, PHR mulai mengoperasikan Blok Rokan setelah kontrak PT Chevron Pacific Indonesia di Blok Rokan berakhir pada 8 Agustus 2021.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat produksi terangkut (lifting) minyak Blok Rokan pada semester I 2021 ini rata-rata mencapai 160.646 barel per hari (bph) atau 97,4% dari target di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 sebesar 165.000 bph.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading