Bos Himbara Ungkap 4 Faktor agar Stimulus PEN Tepat Sasaran

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
06 August 2021 15:23
Sunarso Direktur Utama BRI

Jakarta, CNBC Indonesia- Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) ditugaskan oleh pemerintah untuk menyalurkan berbagai dana stimulus pemulihan ekonomi nasional. Ada 4 faktor yang membuat stimulus bisa tepat sasaran demi mendongkrak pemulihan ekonomi yang terhantam pandemi Covid-19.

"Ke depan dalam penyaluran stimulus peran Himbara sangat besar karena penyaluran stimulus kan gak gampang. Ada 4 komponen agar stimulus tepat sasaran," ujar Ketua Umum Himbara Sunarso, dalam Webinar 'Sinergi Menjaga Momentum dan Optimisme Pemulihan Ekonomi', Jumat (6/8/2021).

Sunarso menjelaskan faktor yang pertama adalah dana stimulus itu harus ada terlebih dahulu. "Untuk ini kami mengapresiasi Kementerian Keuangan yang telah menyediakan duit untuk stimulus," ujarnya.


Faktor kedua adalah, data dari penerima stimulus harus ada dan valid. Apalagi pada awal pandemi, banyak polemik soal data penerima bantuan sosial dan lain-lain. Faktor ketiga adalah sistem teknologi informasi yang kredibel agar dapat menyalurkan dana stimulus secara cepat, luas, dan transparan.

Adapun, yang keempat adalah faktor komunikasi dengan stakeholder yang terlibat termasuk para penerima stimulus. "Dalam hal ini Himbara cukup kuat dalam data (masyarakat), sistem penyaluran, dan komunikasi pada penerima," ujar Sunarso.

Dia menambahkan bahwa kebijakan lain yang harus diapresiasi dalam mendorong pemulihan ekonomi adalah kebijakan pelonggaran penilaian kualitas kredit oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kebijakan ini dibutuhkan perbankan untuk menyelamatkan kualitas kredit, terutama UMKM.

"Selain itu ada berbagai kelonggaran likuiditas yang diberikan oleh Bank Indonesia seperti penurunan suku bunga dan lain lain. Stimulus dari pemerintah, pelonggaran aturan OJK, pelonggaran likuiditas ini yg membuat hasil agregat PDB tumbuh 7,07%," ujar Sunarso.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ekonomi Setop Karena Pandemi, Sri Mulyani: RI Rugi Rp 1.356 T


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading