5 Area Dukungan Erick Thohir Demi UMKM RI, Apa Saja?

News - yun, CNBC Indonesia
04 August 2021 14:40
Guna mendukung UMKM terus berkarya dan menghasilkan produk terbaik, Pemerintah melalui Kementrian BUMN menggelar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) digelar dengan tema “Lokal Keren Jatim”.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki lima area dukungan bagi keberlangsungan UMKM yang telah dilaksanakan dan terus berlangsung hingga saat ini.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM KBUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan, yang pertama adalah melakukan pengembangan UMKM dengan pembinaan, pelatihan dan pendampingan agar UMKM bisa naik kelas.

"Struktur UMKM kita banyak di kelas mikro, dari sisi keterbatasan sangat banyak. Kita ingin mendorong UMKM naik kelar mikro ke kelas kecil, menengah dan ke besar," katanya pada acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) "Lokal Keren Jatim" secara virtual, Rabu (4/8/2021).


Kedua, dukungan pembiayaan fasilitas dan asuransi. Kementerian BUMN memberikan penyediaan dan penyaluran kredit di mana yang terbesar adalah Himbara dan saat ini termasuk di antaranya dalam kesempatan ini melalui BRI.

"Ada juga bentuk-bentuk pembiayaan komersial ultra mikro lainnya disediakan melalui BUMN," imbuhnya.

Ketiga melalui penyediaan sarana dan prasaran produksi dan bentuk keberpihakan dan pembeli produk UMKM. Hal ini juga diakuinya sangat bermanfaat bagi UMKM. Keempat adalah bagaimana BUMN banyak melakukan kurasi dan mendukung pemasaran produk UMKM baik pemasaran yang dilakukan secara offline dan online.

"Terakhir bahwa BUMN mendukung distribusi dan logistik produk UMKM ke seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

Informasi saja, guna mendukung UMKM terus berkarya dan menghasilkan produk terbaik, pemerintah melalui Kementerian BUMN menggelar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) digelar dengan tema "Lokal Keren Jatim".

Kementerian BUMN juga berkolaborasi dengan BRI, Jayaboard serta Wings Food dalam acara tersebut. Hadir pada acara virtual hari ini adalah Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, PR Wings Food Oucky Hertanto serta Presiden Direktur Jayaboard Ahmad Hamdani.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading