Kota Baru Pinggir Jakarta: Ada Pasir Putih-Stadium Raksasa!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
03 August 2021 18:20
Proggres Proyek PIK2 - Periode Juni 2021 (Ist Tangkapan Layar Youtube/PIK2 Sedayu Indo city) Foto: Proggres Proyek PIK2 - Periode Juni 2021 (Ist Tangkapan Layar Youtube/PIK2 Sedayu Indo city)

Jakarta, CNBC Indonesia - Diam-diam di kawasan Dadap, Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten muncul proyek kota baru yang merupakan bagian dari PIK2. Pengembangan kota tepi pantai ini dibangun oleh Agung Sedayu Group. 

Kawasan ini akan disulap menjadi pusat kegiatan bisnis dan hunian, mencakup rumah, apartemen, kavling rumah, kavling komersial, ruko, soho, gudang dan lainnya.

Pengembangan PIK2 yang lokasinya berada pinggir Kamal Muara, Jakarta Utara akan dibangun beberapa fasilitas. Kawasan ini dulunya daerah kosong hanya hamparan empang-empang ikan dan persawahan. PIK2 di kawasan Tangerang ini terkoneksi dengan pulau reklamasi di pantai utara Jakarta.

Mengutip website resmi Agung Sedayu Group, kawasan memiliki fasilitas water front city atau kawasan tepi air dengan pasir putih sepanjang 4 km yang dilengkapi dengan pedestrian yang luas, jogging track, dan bicycle track. Ada juga pier point atau dermaga, jetty kapal pesiar dan jet ski commercial dan lainnya.

Proggres Proyek PIK2 - Periode Juni 2021 (Ist Tangkapan Layar Youtube/PIK2 Sedayu Indo city)Foto: Proggres Proyek PIK2 - Periode Juni 2021 (Ist Tangkapan Layar Youtube/PIK2 Sedayu Indo city)
Proggres Proyek PIK2 - Periode Juni 2021 (Ist Tangkapan Layar Youtube/PIK2 Sedayu Indo city)

Ada pula area terbuka hijau seluas 60 hektare yang terhubung dengan seluruh area perumahan dan area komersial. Dalam PIK center Point atau area komersial PIK2 terdapat kampung seafood terbesar di Indonesia, supermarket raksasa, pusat olah raga, rumah sakit, mal raksasa dan factory outlet terbesar di Indonesia.

Mata Elang International Stadium 2 akan dibangun sebagai arena konser ini akan dibangun di atas lahan seluas ±10 hektare juga akan dibuat berseberangan dengan kawasan apartemen dan wilayah komersial PIK2, yang berdiri di atas lahan seluas 27 hektare.

Juga ada kawasan perkantoran. Pada 2019 lalu groundbreaking Menara Syariah yang diplot sebagai pusat keuangan syariah internasional dan keuangan internasional juga sedang dibangun. Areanya di lokasi 23,5 hektare yang akan dibagi dalam dua kawasan.

Bekerja sama dengan Matrix Concepts Holding Berhad (Malaysia) dan PT Nikko Securities Indonesia, MoU penandatangan pusat keuangan ini sudah dilakukan pada 14 Mei 2018, dengan dukungan pendanaan dari AIIB.

Direncanakan dapat selesai dalam kurun waktu 10 tahun dengan total 45 gedung bernilai kurang lebih Rp 70 triliun atau setara US$ 5 miliar.

Juga ada fasilitas olahraga berstandar internasional juga akan dibangun. Mengutip detikcom Agung Sedayu Group bersama PT NAC Strata Asia akan membangun kawasan olah raga ini. Fasilitas olah raga ini bernama Verde Sports Hub.

CEO PT NAC Strata Asia Ari Latenrisau mengatakan kawasan ini akan dibangun dua lapangan sepak bola berstandar FIFA, enam lapangan badminton, dua lapangan bakset/futsal serta dua lapangan Padel Tennis.

"Pada Desember 2021 diharapkan bisa diresmikan," jelasnya, dalam keterangan resmi.

NAC dikenal melalui program sepak bola FC Tokyo dan SSB UCAM dari Spanyol. NAC Strata Asia mempunyai pengalaman mengelola salah satu sports center swasta terbesar, Galaxy Sport Ancol, sehingga saat ini ditunjuk sebagai konsultan perencanaan sekaligus manajemen pelaksanaan untuk proyek itu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tiba-tiba Muncul Kota Baru di Pinggir DKI Jakarta


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading