Penanganan Covid-19

Menkes BGS Ungkap 2 Biang Kerok Lonjakan Kasus di Luar Jawa

News - yun, CNBC Indonesia
02 August 2021 14:13
Keterangan Pers Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, 2 Agustus 2021 (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan kondisi terkini pandemi Covid-19 di tanah air. Ia menyebut ada penurunan penambahan kasus Covid-19 di Jawa, namun di luar Jawa ada peningkatan.

"Kondisi pandemi yang kita lihat di Jawa-Bali, hampir 70% kasus ada di sini. Sejak PPKM darurat dimulai, dalam 13 hari sudah melewati di puncak dan kita melihat laju penurunan," ujarnya saat press conference update penanganan Covid-19 secara virtual, Senin (2/8/2021).

Namun, penurunan itu dibarengi dengan kenaikan di luar Jawa. Hal ini terjadi saat Jawa mengalami kenaikan kasus yang tinggi, dilakukan intervensi, kemudian kasus mulai turun. Sekarang, kasus di luar Jawa merangkak naik.


Untuk itu, pemerintah akan berusaha melalukan penanganan seperti yang terjadi di Jawa. Bahkan, pemerintah akan melakukan replikasi seperti apa yang telah dilakukan di Jawa untuk mengatasi masalah di luar Jawa.

Yang pasti, lanjutnya, ada dua hal yang menyebabkan kenapa kasus Covid-19 di luar Jawa mengalami kenaikan. Pertama, disiplin protokol kesehatan yang rendah.

Penyebab kedua adalah mutasi virus corona varian delta yang lebih cepat menular dibanding dengan sebelumnya. Bahkan, menurut BGS, laju penularan bisa 2-3 kali lebih cepat dibanding varian Inggris, bahkan 5-6 kali dari varian yang pertama kali muncul dari Wuhan, China.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading