Menkes BGS: Booster Vaksin Covid-19 Hanya Untuk Nakes!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
02 August 2021 12:37
Keterangan Pers Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, 2 Agustus 2021 (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan seluruh tenaga kesehatan (nakes) akan mendapatkan suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 sebagai booster dalam upaya penanganan pandemi Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengemukakan kalangan nakes akan mendapatkan booster vaksin Moderna. Rencananya, vaksin akan segera didistribusikan ke seluruh daerah.

"Kami memastikan bahwa vaksinasi ketiga booster dengan vaksin Moderna itu kita berikan ke seluruh tenaga kesehatan kita," kata Budi dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Senin (2/8/2021).


Budi meminta agar vaksin tersebut dapat segera disuntikkan kepada jajaran tenaga kesehatan. Menurutnya, kalangan nakes harus mendapatkan prioritas lebih karena mereka berada di garda terdepan memerangi pandemi Covid-19.

"Saya tahu banyak yang ingin mendapatkan booster ketiga. Tolong berikan itu kepada tenaga kesehatan yang harus berjuang mati dan hidup dalam peperangan dalam pandemi ini," jelasnya.

"Tolong kita utamakan saudara kita, 140 juta rakyat Indonesia yang belum mendapatkan akses terhadap vaksin," katanya.

Lantas, bagaimana dengan stok vaksin booster bagi para nakes? Budi mengatakan sejauh ini stok dosis ketiga masih mencukupi, terlebih Indonesia baru saja menerima bantuan vaksin dari berbagai negara.

"Kita mendapatkan bantuan Moderna dari pemerintah Amerika Serikat 4 juta dosis. 1,5 juta dosis kita dedikasikan untuk seluruh tenaga kesehatan sebagai single shot satu suntikan booster ketiga," tegas Budi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pasokan Vaksin Covid-19 Terbatas, Gimana Nih Pak Menkes?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading