Internasional

Fakta-fakta Biden Sebut RI, Ungkap Jakarta Terancam Tenggelam

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
30 July 2021 16:35
Biden gelar pesta di gedung putih. (AP/Patrick Semansky)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jakarta terancam tenggelam dalam 10 tahun ke depan. Ini menjadi ancaman bagi Indonesia, menurut Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Pernyataan ini ia keluarkan ketika berbicara soal perubahan iklim dalam pidato sambutan di kantor Direktur Intelijen Nasional AS pada 27 Juli lalu. Menurutnya perubahan iklim adalah ancaman terbesar AS merujuk Kementerian Pertahanan.


"Departemen Pertahanan mengatakan apa ancaman terbesar yang dihadapi Amerika: perubahan iklim," tegasnya dalam pidato itu sebagaimana dipublikasikan whitehouse.gov, dikutip Jumat (30/7/2021).

Perubahan iklim menyebabkan naiknya permukaan laut. Ribuan orang bisa kehilangan tempat tinggal, mata pencaharian dan kehidupan.

"Jika, pada kenyataannya, permukaan laut naik dua setengah kaki lagi, Anda akan memiliki jutaan orang yang bermigrasi, memperebutkan tanah yang subur...," ujarnya.

"...Apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?"

Karenanya Biden meminta warga AS bergabung bersama warga dunia untuk mencegah ini. Menurutnya karena itu pula AS bahkan bisa bekerja sama dengan Rusia dan China.

Lalu bagaimana faktanya?

Halaman 2>>

Jakarta Tenggelam 2050
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading