Segera Cair! 1 Juta Pekerja Dapat Subsidi Upah di Tahap Awal

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
30 July 2021 15:50
Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah Saat Konferensi Pers Tindak Lanjut terkait Perkembangan Terkini Penerapan PPKM. (Tangkapan Layar Youtube PerekonomianRI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan akan segera menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) kepada 1 juta pekerja di tahap awal. Diharapkan bisa segera diberikan dalam waktu dekat.

Tahap awal penyaluran untuk 1 juta pekerja ini didapatkan dari data yang telah diserahkan oleh BPJamsostek hari ini. Sedangkan keseluruhan yang mendapatkan BSU tahun ini sebanyak 8,7 pekerja.

"Jumlah data yang diserahkan hari ini kita memulai dari 1 juta calon penerima BSU dari estimasinya 8,7 juta pekerja akan menerima BSU," ujar Ida dalam konferensi pers virtual, Jumat (30/7/2021).


Adapun besaran BSU tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini BSU diberikan dengan besaran Rp 500 ribu per bulan yang diberikan selama dua bulan sekaligus yakni Rp 1 juta.

"Terkait mekanisme penyaluran bantuan subsidi gaji atau upah disalurkan langsung ke rekening bank penerima bantuan," jelasnya.

Ida pun mengingatkan bagi para pekerja yang memenuhi syarat yakni berpenghasilan maksimal Rp 3,5 juta perbulan dan terdaftar sebagai anggota aktif BPJamsostek untuk mengecek rekening masing-masing terutama yang memiliki mobile banking.

"Para penerima BSU yang memiliki mobile banking langsung dapat mengecek di gadgetnya masing-masing atau bisa langsung mengecek ke ATM dan ke kantor Bank penyalur tentu dengan tetap menjaga protokol kesehatan," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading