Fenomena Orang Kaya

Laris Dadakan, Makam Mewah Diburu Orang Kaya RI Saat Corona

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
26 July 2021 08:50
Foto: Sandiego Hills

Jakarta, CNBC Indonesia - Masa pandemi terutama saat ada ledakan kasus Covid-19, pemakaman mewah salah satu yang dibutuhkan oleh kalangan atas untuk keperluan pemakaman. Apalagi kapasitas TPU milik pemerintah daerah semakin terbatas di tengah lonjakan kematian akibat Covid-19 belakangan ini.

San Diego Hills Memorial Park di Karawang, Jawa Barat salah satu perusahaan yang mengelola pemakaman mewah dengan tarif puluhan juta sampai seratusan juta tergantung paket dan unitnya.

Direktur Marketing dan Penjualan San Diego Hills Memorial Parks and Funeral Homes Suziany Japardi menjelaskan memang saat pandemi kebutuhan permintaan kavling pemakaman lebih banyak "dadakan" alias at need. Sebelum pandemi, penjualan lebih banyak dari permintaan pre need atau keperluan di masa depan alias persiapan jaga-jaga.


"Pemakaman kan intergrated dengan rumah sakit ya. Dan saat ini seharusnya sama (penjualan lahan). Cuma sales at need lebih banyak dari pre need," kata Suziany  kepada CNBC Indonesia, Senin (26/7).

Ia mengatakan secara penjualan tak ada perbedaan saat ini, yang membedakannya, banyak kebutuhan lahan pemakaman dadakan. "Sebelumnya sales San Diego Hills untuk perencanaan tetapi saat ini untuk pemakaman tetapi secara sales sama saja," katanya.

Selama ini San Diego Hills memberikan tawaran pembelian dengan cara at need dan pre need. At need adalah membeli makam untuk dipakai secara langsung alias dadakan. Sedangkan pre need adalah pembelian makam untuk persiapan sebelum dipakai selama 3 x 24 jam. Membeli dengan cara pre need bisa dicicil selama 12 bulan dan mendapatkan diskon jika melakukan pengembalian dengan tunai.

"Pre Need Purchase ~ Tersedia program pembelian unit di San Diego Hills sebelum kedukaan, dimana program pembelian ini memberikan banyak keuntungan seperti dapat memilih lokasi pemakaman sendiri sesuai keinginan, serta pilihan cara bayar yang lebih fleksibel & menguntungkan," jelas San Diego Hills  dalam akun Instagramnya.

Makam Mewah untuk Covid-19

Pengelola makam mewah selain San Diego Hills, ada juga Al-Azhar Memorial Garden yang merupakan taman pemakaman Muslim seluas 25 hektare yang juga di Karawang Timur, Jawa Barat.

Al-Azhar Memorial Garden melayani khusus umat Islam dalam penanganan jenazah, mulai dari penyediaan lahan makam hingga pelaksanaan prosesi pemakaman yang khidmat dan sesuai syariah.

GM Agency Development Al-Azhar Harry Efriyal mengatakan taman Pemakaman yang berlokasi di pinggir jalan tol Jakarta-Cikampek ini dapat menjadi pilihan bagi keluarga yang membutuhkan pemakaman korban Covid-19.

Sejumlah tokoh, artis selebriti, bahkan diplomat yang wafat akibat Covid-19 juga telah dimakamkan di sana. Ia mengatakan Al-Azhar Memorial Garden siap untuk menerima pemakaman korban Covid-19 selama 24 jam.

"Kami membantu pemerintah dan masyarakat dalam menangani pemakaman jenazah korban Covid-19," kata Harry dalam keterangan tertulis, Kamis (8/7/2021).


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading