Nadiem Ungkap Kunci Melahirkan Founder Startup yang Sukses

News - dob, CNBC Indonesia
19 July 2021 15:10
Penjelasan Mendikbud Soal Belajar Tatap Muka  Kala PPKM Darurat(CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim memiliki ambisi untuk mencetak anak muda Indonesia menjadi inovator, founder startup kelas unicorn, hingga social entrepreneur.

Hal tersebut diungkapkan Nadiem Makarim saat menjadi pembicara dalam CNBC Indonesia Economi Update pada Senin (19/7/2021).

Nadiem mengaku bahwa dirinya saat ini memiliki 2 topi, yakni sebagai Mendikbudristek dan sebagai inisiator gerakan merdeka belajar.


"Tanpa gerakan ini, tidak akan sukses untuk mengembangkan generasi berikutnya yang bukan hanya mencari pekerjaan tapi menciptakan lapangan kerjaan yang menjadi social entrepreneur dan startup, bukan hanya profit tapi non profit," ujar Nadiem ketika ditanya bagaimana caranya mencetak banyak CEO startup sukses seperti dirinya. Nadiem merupakan founder dan mantan CEO dari Gojek sebelum diangkat menjadi Mendikbudristek.

Menurutnya, Indonesia saat ini butuh perubahan mindset yang berbeda, yakni bahwa anak muda mengambil risiko demi karir adalah hal yang normal. Selain itu, kegagalan dalam proses dengan mencapai cita-cita harus menjadi minddset sesuatu yang normal.

"Anak muda kita perlu berpikir bahwa mengambil risiko dalam karir mereka adalah normal dalam upaya mereka meluncurkan sesuatu. Dan mereka harus melihat kegagalan adalah hal normal dalam proses, kegagalan sebagai proses," ujarnya.

Selain itu, dia menyoroti bahwa gotong royong dan kolabrasi dengan masyarakat dan ekosistem itu menajdi hal yang penting. "Karena saat ini harapan saya perubahan yang dilakukan akan menimbulkan kepercayaan diri untuk mengambil risiko dan hal yang berbeda dan itu harapan pribadi saya perubahan ini akan mencetuskan inovator yang baru dan berani mengambil risiko," ujar Nadiem.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading