Internasional

Lama 'Tidur' Panjang, Menara Eiffel Akhirnya Dibuka Kembali

News - Khairun Alfi Syahri MJ, CNBC Indonesia
16 July 2021 16:10
This photo taken Sunday April 5, 2020 shows the Eiffel Tower in background during the nationwide confinement due to the coronavirus outbreak in Paris. The new coronavirus causes mild or moderate symptoms for most people, but for some, especially older adults and people with existing health problems, it can cause more severe illness or death. (AP Photo/Lesdronographes)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar gembira buat para wisatawan. Menara Eiffel akhirnya dibuka kembali untuk para pengunjung, Jumat (16/07/2021) waktu setempat.

Ini merupakan pertama kalinya dalam sembilan bulan setelah penutupan terpanjang sejak Perang Dunia II. Hal ini dikarenakan lonjakan virus corona (Covid-19) yang terjadi di Paris, Prancis.


Lift "Iron Lady" akan dioperasikan kembali guna membawa para wisatawan untuk ke puncak Menara Eiffel dengan tinggi 300 M atau 1.000 kaki. Namun, kapasitas akan dikurangi dari biasanya.

Pengurangan setengah dari kapasitas normal dilakukan guna pelaksanaan protokol kesehatan, menjaga jarak. Pengunjung juga wajib menunjukkan bukti vaksinasi atau hasil negatif dari pemeriksaan Covid-19 per 21 Juli nanti.

"Jelas ini merupakan operasional tambahan yang kompleks, tetapi masih dapat dikelola," kata Kepala Operasional Perusahaan, Jean-Francois Martins, dikutip AFP.

Sejauh ini, Martins mengatakan mayoritas pengunjung yang sudah memesan tiket merupakan wisatawan asal Inggris. Hanya 15% pengunjung dari Amerika dan sedikit dari Asia.

Penutupan yang lama ini berimbas kepada keuangan perusahaan pengelola Menara Eiffel. Pendapatan di 2020 turun 75%.

Guna bertahan di tengah pandemi ini, pemerintah setempat menggelontorkan bantuan sebesar 60 juta euro atau sekitar Rp 869 miliar. Perusahaan mencatat pendapatan tahun lalu hanya 25 juta euro.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fakta Penembakan Paris: Korban Bukan WNI, Motif Masih Misteri


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading