Efek Pandemi

Tsunami Kebangkrutan Nyata, Orang Kaya DKI Obral Moge Harley!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
13 July 2021 14:10
Harley Davidson Ultra Classic Electra Glide CVO 2013 dijual Rp 625.000.000 (Olx via Taufik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Fenomena kalangan kelas atas menjual aset-aset berharga di tengah pandemi tak hanya rumah, lahan, ruko atau tempat usaha lainnya. Namun, tak sedikit mereka menjual kendaraan-kendaraan mewah seperti motor-motor gede (moge) macam Harley Davidson.

Pegiat komunitas moge, Munawar Chalil yang juga Group Editor in Chief Carvaganza mengakui hampir setiap hari di grup-grup WhatsApp bermunculan dari sesama relasi komunitas moge yang menawarkan barang kesayangannya dijual.

"Ini nyata, Harley banyak yang dijual, setiap hari di WA grup, banyak yang for sale, mungkin ada yang butuh uang, mereka butuh hidupkan karyawan dan keluarga juga," katanya kepada CNBC Indonesia, Selasa (13/7).


Ia mengatakan alasan lain para orang kaya menjual aset moge mereka karena mengurangi beban pengeluaran di masa pandemi.

"Ada juga sebelum mereka jual, awalnya nggak bayar pajak dulu, tahu kan pajak moge nggak ada yang murah. Ternyata sudah dua kali nggak bayar pajak, lalu ngapain juga tahan-tahan, daripada nongkrong di garasi, mending jual saja. Jadi ada yang memang BU dan melepaskan beban pajak motivasinya," katanya.

Harley Davidson Ultra Classic Electra Glide CVO 2013 dijual Rp 625.000.000 (Olx via Taufik)Foto: Harley Davidson Ultra Classic Electra Glide CVO 2013 dijual Rp 625.000.000 (Olx via Taufik)
Harley Davidson Ultra Classic Electra Glide CVO 2013 dijual Rp 625.000.000 (Olx via Taufik)


Ia mencontoh moge macam Harley Davidson sekarang bisa murah 20% dari harga pasaran saat ini. Misalnya ada yang menjual moge Rp 400 juta, padahal harga pasaran sampai Rp 600 juta.

"Harley, turun 20% di bawah harga pasar. Tapi kadang-kadang mau jual dengan beri deadline sampai jam sekian maka harga Rp 400 juta, padahal normal bisa Rp 600 juta," katanya.

Selain moge, dari pantauan dan pengalamannya, ada juga yang menjual Mercy S Class, dari harga normal Rp 500 juta, tapi bisa dilepas oleh penjual 'hanya' Rp 350 juta.

Di toko online jual beli barang bekas seperti OLX, dengan kata kunci 'Harley Davidson' tersaji ratusan penawaran moge Harley Davidson dengan beragam harga dari mulai seratusan juta sampai lima ratus juta rupiah.

Para penjual, umumnya tercatat berada di kawasan elite Jakarta seperti Kelapa Gading, Kemayoran, Kebayoran, Pasar Minggu, Jagakarsa, hingga Pesanggrahan. Misalnya salah satu penjual dari Kelapa Gading menjual Harley Davidson Sporster 48 tahun 2013, dengan harga Rp 422 juta, dan masih banyak lainnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading