Lulus CPNS & Resign di Instansi Ini Kena Denda Rp 100 Juta!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
09 July 2021 19:49
Tes CPNS di Tengah Pandemi (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Intelijen Negara (BIN) menetapkan sanksi bagi peserta seleksi CPNS 2021 yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus. Sanksi berupa denda uang dengan nominal Rp 25 juta hingga Rp 100 juta.

Adapun penetapan sanksi denda uang ini tertuang dalam Peraturan Kepala BIN Nomor 06 Tahun 2013 tentang Perekrutan Pegawai Badan Intelijen Negara. Denda ini akan masuk ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Berikut tiga jenis denda yang akan diberlakukan bagi peserta seleksi:


a. Dinyatakan lulus kemudian mengundurkan diri, denda sebesar Rp 25.000.000
b. Telah diangkat menjadi CPNS kemudian mengundurkan diri, denda sebesar Rp 50.000.000
c. Telah diangkat menjadi CPNS dan telah mengikuti Diklat Intelijen Tingkat Dasar dan Diklat lainnya kemudian mengundurkan diri, maka denda lebih besar yakni sebesar Rp 100.000.000.

Sebagai informasi, pada seleksi CPNS tahun ini BIN membuka pendaftaran sejak 2 Juli hingga 21 Juli mendatang. Seleksi penerimaan CPNS BIN ini tertuang dalam surat Pengumuman Nomor: Peng- 03/VI/2021 tentang Seleksi Penerimaan CPNS BIN Tahun Anggaran 2021.

Untuk tahun ini, BIN membuka lowongan CPNS untuk 118 formasi dengan kualifikasi pendidikan mulai SMA hingga S2. Syarat umum untuk menjadi CPNS BIN sama dengan instansi lainnya mulai dari WNI berusia 18-35 tahun, tidak pernah dipidana hingga tidak terlibat politik.

Persyaratan lainnya yang tidak diberikan oleh semua instansi adalah tinggi badan untuk pria minimal 160 cm dan untuk wanita minimal 155 cm dengan berat bada ideal. Selain itu tidak bertato/bekas tato ataupun ditindik/bekas tindik selain di kuping untuk wanita dan bagi pria juga tak diizinkan kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama ata adat.

Untuk daftar CPNS BIN, peserta juga harus bersedia tidak menikah hingga ditetapkan sebagai PNS yang ditunjukkan dengan surat pernyataan. Juga tidak diperbolehkan menikah dengan orang yang berkewarganegaraan asing.

Syarat lainnya yang juga harus disertai surat pernyataan adalah tidak pernah menggunakan atau mengedarkan segala bentuk dan jenis narkoba.

Calon peserta seleksi CPNS BIN juga diminta untuk siap mengabdi kepada negara melalui BIN dan tidak akan pernah mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang-kurangnya selama 10 tahun setelah diangkat menjadi PNS BIN.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading