Cek! Vaksin Covid Gratis Bagi Penumpang Garuda-Lion-KAI!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
05 July 2021 12:45
vaksinasi anak 12-17 tahun (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sudah banyak perusahaan transportasi yang menyediakan vaksin Covid - 19 gratis bagi penumpang. Supaya dapat mempercepat program vaksinasi nasional.

Melihat syarat perjalanan jarak jauh di masa PPKM Darurat ini harus menunjukkan kartu vaksinasi Covid - 19 baik dosis pertama maupun kedua.

Berikut beberapa perusahaan yang menggelar vaksinasi :


Garuda Indonesia

Dari keterangan resmi, Perusahaan penerbangan plat merah ini menyediakan fasilitas layanan vaksinasi Covid - 19 di Bandara. Penumpang berusia 18 tahun ke atas yang akan melakukan penerbangan dengan Garuda Indonesia dapat mengakses vaksin baik dosis pertama maupun kedua.

Bertempat di area customer service Garuda Indonesia Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta penumpang hanya perlu menunjukkan tiket penerbangan Garuda Indonesia yang telah dimiliki, serta Kartu Tanda Pengenal (KTP). Adapun layanan tersebut tersedia mulai hari ini, Rabu (30/6) pada pukul 08.00 - 14.00 WIB dan dapat diakses secara cuma-cuma.

Citilink

Anak usaha Garuda ini bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno - Hatta dan Angkasa Pura II untuk menyelenggarakan vaksinasi Covid - 19. Bagi seluruh penumpang berusia 12 tahun keatas yang akan melakukan perjalanan dari Bandara Soetta mulai 3 Juli kemarin.

Mengutip akun Instagram resmi @citilink, penumpang dapat melakukan registrasi di Terminal 3 Soetta Vaccination Center dengan membawa dokumen.

- Tiket Penerbangan dan KTP bagi penumpang berusia 18 tahun ke atas

- Tiket dan Kartu Keluarga bagi penumpang berusia 12- 17 tahun.

Lion Air Group

Mengutip akun Instagram resmi @lionairgroup penumpang maskapai milik Rusdi Kirana ini juga menyiapkan layanan vaksinasi gratis.

Terletak di Bandara Internasional Soetta, Hall Area Terminal Kedatangan 2 D-E mulai 3 Juli kemarin dari pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Adapun syaratnya adalah :

- Penumpang Lion Air Group (Lion Air, Batik Air, dan Wings Air)

- Menunjukkan tiket

- Berusia minimum 12 tahun

- Membawa KTP

- Membawa KK bagi anak yang belum punya KTP

- Penumpang dengan keberangkatan awal/tujuan akhir CGK

- Datang 4 jam sebelum keberangkatan

Kereta Api Indonesia

PT KAI (Persero) juga menggelar layanan vaksinasi gratis di berbagai stasiun mulai 3 Juli kemarin. Dalam rangka percepatan program vaksinasi Covid - 19.

Dari keterangan resmi, pada tahapan awa stasiun yang melayani vaksinasi bagi pelanggan KAI jarak jauh adalah stasiun Gambir, Pasar Senen, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Jember. Dengan kuota yang terbatas.

Secara bertahap akan ditambah jumlah stasiun yang melayani vaksinasi.

Adapun syaratnya :

- Menunjukkan kode booking

- KTP

- Datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api

- Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk di vaksin Covid - 19.

Sentra Vaksinasi di Pelabuhan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tidak hanya di bandara, sentra vaksinasi juga disediakan pada pelabuhan kapal laut.

"Termasuk juga pelabuhan seperti Ketapang dan Merak, sehingga seluruh masyarakat yang akan bepergian telah menjalankan vaksin minimal dosis pertama," kata Luhut dalam keterangan resmi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ternyata Ada 100 Ribu Nakes Gagal Divaksin Covid-19, Kenapa?


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading