Penanganan Covid-19

Alert! Luhut: RS di Jawa-Bali Sudah Mencapai Batas Kapasitas

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
05 July 2021 10:52
Luhut Binsar Pandjaitan. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Koordinator PPKM Darurat Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan kondisi rumah sakit (RS) di Jawa-Bali saat pelaksanaan PPKM Darurat memasuki hari ketiga. Hal itu dipaparkan Luhut dalam konferensi pers peluncuran layanan telemedicine untuk pasien isolasi mandiri secara virtual, Senin (5/7/2021).

"Saya kira mengenai tempat tidur kalau nanti ditata dengan baik mestinya tidak akan terlalu banyak masalah. Saat ini benar sekali Covid-19 yang masuk RS di DKI Jakarta dan beberapa wilayah di Pulau Jawa meningkat tajam dan sudah mencapai batas kapasitas RS," ujarnya.

Oleh karena itu, pemerintah mulai melakukan penataan di mana akan dilakukan seleksi pasien Covid-19 yang boleh masuk RS.



"Artinya tingkat penyakitnya. Kalau dia masih pada saturasi di atas 95, 94, mungkin dia masih dengan tidak ada tanda-tanda yang jelas atau hanya OTG, mungkin kita isolasi mandiri," kata Luhut.

Menko Kemaritiman dan Investasi itu juga menuturkan pemerintah sedang memperkuat telemedicine. Kerja sama dengan berbagai platform sudah dilakukan.

"Dan ini mereka akan mulai bekerja sehingga dengan demikian akan mengurangi pressure ke RS. Jadi RS hanya buat orang yang betul-betul sudah sangat, sangat membutuhkan," ujar Luhut.

"Yang lain itu bisa dilakukan dengan isolasi mandiri. Dengan tadi telemedicine, dengan tadi kriteria yang jelas. Mengenai obat juga kami siapkan di situ," lanjutnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Beberkan Bantuan Asing ke RI, Luhut: Untuk Selamatkan Nyawa


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading