Luhut Geser Posisi Airlangga Tangani 'Ledakan' Covid-19

News - Maikel Jefriando, CNBC Indonesia
01 July 2021 11:49
Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook dengan tema Foto: Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook dengan tema

Jakarta, CNBC Indonesia - Lonjakan penyebaran kasus Covid-19 direspons pemerintah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat. Kebijakan dimulai pada 3-20 Juli 2021 untuk wilayah Jawa dan Bali.

Sementara itu, 'ban kapten' diserahkan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan.

Pengumuman PPKM Mikro Darurat diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat youtube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7/2021). Jokowi mengatakan kebijakan ini akan lebih ketat dari yang selama ini berlaku.

"Secara terperinci bagaimana pengaturan PPKM darurat ini saya sudah meminta Menko Marinves untuk terangkan sejelas-jelasnya detil mengenai pembatasan ini," tegasnya.

Hingga Rabu (30/6/2021), terdapat tambahan pasien kasus positif Covid-19 sebanyak 21.807 orang. Dengan penambahan pasien itu kini kasus di Indonesia mencapai 2.178.272 orang.

Pemerintah juga mencatat ada penambahan 10.807 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan demikian, total pasien sembuh dari Covid-19 ada 1.880.413 orang.

Sementara penambahan pasien yang tutup usia sebanyak 467 orang. Sehingga jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 hingga saat ini menjadi 58.491 orang.

Perpindahan ban kapten ini bukan pertama kali terjadi dalam penanganan Covid-19 di tanah air. Pada awal tahun, Luhut juga diberikan kewenangan penuh agar lonjakan kasus akibat libur natal dan tahun baru (nataru) bisa diredam.

Sebagai gambaran, dalam Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Luhut berstatus sebagai Wakil Ketua. Sementara posisi ketua dijabat Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Jokowi berharap seluruh pihak turut membantu pelaksanaan PPKM Darurat. Baik dari jajaran pemerintah, TNI, Polri, tenaga kesehatan hingga masyarakat.

"Saya minta masyarakat tetap tenang dan mematuhi peraturan yang ada, disiplin, dan mendukung aparat menangani pandami Covid-19," papar Jokowi.

Gambaran PPKM Mikro Darurat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading