Harga Cabai Sampai Tiket Pesawat Turun Bikin RI Deflasi 0,16%

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
01 July 2021 11:18
Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi deflasi 0,16% pada Juni 2021. Sejumlah harga barang dan jasa mengalami penurunan, terutama di kelompok bahan makanan dan transportasi.

Pada Kamis (1/7/2021), BPS melaporkan inflasi Juni sebesar -0,16% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm). Ini menjadi deflasi pertama sejak September tahun lalu.


Margo Yuwono, Kepala BPS, menyebut ada dua kelompok utama penyebab deflasi yaitu makanan, minuman, dan tembakau serta transportasi. Untuk yang disebut pertama mengalami deflasi 0,71%, dan kedua adalah 0,35%.

"Untuk kelompok makanan, minuman, dan tembakau, terjadi penurunan harga cabai merah, daging ayam ras, cabai rawit, bawang merah.  Ada juga yang naik yaitu telur ayam ras dan bayam," kata Margo dalam jumpa pers secara virtual.

Sementara di kelompok transportasi, deflasi terjadi karena penurunan tarif angkutan udara, antar-kota, dan kereta api. "Sebelumnya ada momen Idul Fitri, pada Juni tarif sudah kembali normal," lanjut Margo.


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading