Luhut 'Kopdar' dengan Menteri Arab, Bawa Kabar Apa?

News - sef, CNBC Indonesia
17 June 2021 08:26
Luhut Binsar Pandjaitan. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan pertemuan dengan Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Al-Falih Rabu (16/6/2021) di Jakarta. Dalam pertemuan di Jakarta itu dibahas beberapa isu mengenai kerja sama investasi dan ekonomi kedua negara.

Indonesia menawarkan Arab Saudi untuk berinvestasi dalam Bank Syariah Indonesia (BSI). Sementara Arab Saudi menyatakan terkesan dengan potensi investasi RI dan berjanji akan berkomunikasi dengan PIF (Public Investment Fund) untuk mengatur pertemuan lebih lanjut.


Indonesia juga menyampaikan keinginan untuk membangun Indonesia Housing atau "Rumah Indonesia" di Mekah. Bangunan tersebut dapat menjadi persinggahan bagi jemaah umrah dan haji sekaligus dapat digunakan untuk memasarkan produk-produk asal Indonesia.

Arab Saudi menyambut baik rencana tersebut dan menawarkan beberapa calon lokasi yang dapat digunakan. Proyek tersebut nantinya akan dipimpin oleh PT Pembangunan Perumahan.

Selain dua hal tersebut, pertemuan itu juga membahas isu perubahan iklim. Arab Saudi berjanji mendukung Indonesia untuk mengangkat isu perubahan iklim dalam KTT G20 yang akan dilaksanakan di tanah air tahun depan.

Kedua negara juga berjanji bekerja sama dalam pengembangan green energy. RI dan Arab Saudi akan membuat kerangka kerja untuk ditindaklanjuti melalui pertemuan di tingkat teknis antara kedua negara 24 Juni 2021.

"Saya sangat senang pertemuan ini dapat terlaksana. Semoga kesempatan ini jadi langkah awal yang baik untuk kerja sama Indonesia dan Arab Saudi di berbagai bidang ke depannya," ujar Luhut dikutip dari siaran pers yang diterima CNBC Indonesia, Kamis (17/6/2021).

Dalam pertemuan itu Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan CEO Indonesia Investment Authority (INA) Ridha Wirakusumah juga turut hadir.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading