Round Up

Akhirnya Deal Juga, Prabowo Borong Kapal Perang Italia ke RI

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
12 June 2021 08:28
Fremm Frigate. (Dok. fincantieri.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, di bawah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto Djojohadikusumo, berhasil memboyong delapan kapal perang salah satu produsen kapal terkemuka di dunia asal Italia, Fincantieri.

Nantinya Fincantieri akan menyediakan enam fregat baru kelas FREMM dan dua fregat bekas kelas Maestrale disertai dukungan logistik yang dibutuhkan.


"Fincantieri akan menjadi kontraktor utama untuk keseluruhan program," tulis laman resmi Fincantieri seperti dikutip CNBC Indonesia, dikutip Sabtu (12/6/2021).

Produsen kapal ini juga mengklaim pesanan dari Kemhan RI merupakan keberhasilan bagi perseroan dan Italia yang telah memiliki 10 fregat kelas FREMM. Kesepakatan tersebut juga sangat penting untuk memperkuat kerja sama antara kedua negara.

"Modernisasi dua kapal kelas Maestrale, yang akan diperoleh Fincantieri dari Angkatan Laut Italia setelah dinonaktifkan, juga akan dilakukan di Italia," tulis Fincantieri.

Selain itu, Fincantieri mengklaim pembangunan fregat akan memberikan manfaat yang signifikan, tidak hanya untuk beberapa galangan kapal di Italia pada tahun-tahun mendatang, melainkan juga perusahaan lain di sektor ini. Misalnya adalah Leonardo serta perusahaan skala kecil dan menengah di Italia.

Fincantieri juga tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan perusahaan pelat merah Indonesia di bidang perkapalan, yaitu PT PAL (Persero).

"Modernisasi dua kapal kelas Maestrale, yang akan diperoleh Fincantieri dari Angkatan Laut Italia setelah dinonaktifkan, juga akan dilakukan di Italia," tulis Fincantieri.

Halaman 2>>

Spesifikasi Kapal Perang FREMM dan Maestrale
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading