Penjualan Toyota

'Pembunuh Avanza' Tamat, Toyota Avanza Mobil Terlaris

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
10 June 2021 13:04
Toyota New Avanza. CNBC Indonesia/Andrean Kristianto

Jakarta, CNBC Indonesia - Avanza kembali menjadi mobil terlaris untuk seluruh model Toyota pada Mei 2021 lalu. Saat bersamaan Toyota Avanza berhasil menyalip 'Pembunuh Avanza" yaitu sang kakak, Toyota Innova.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan bahwa retail sales atau penjualan dari diler ke end user Avanza bulan lalu mencapai lebih dari 5.516 unit.

"Penjualan Avanza di Mei 5.516 unit, disusul Innova 3.509 unit, kemudian Calya 3.165 unit, keempat ada Rush terjual 3.111 unit, lalu Agya 1.680 unit dan terakhir ada Raize 1.176 unit," katanya kepada CNBC Indonesia, Kamis (10/6/21).


Penjualan Avanza pada Mei lebih besar dari bulan April yang mencatat 5.385 unit. Kala itu mobil sejuta umat ini hanya menempati peringkat ketiga mobil terlaris di bawah Innova dan Mitsubishi Xpander. 

Avanza sempat mencapai sebagai mobil terlaris dari seluruh merek pada Maret lalu atau pada masa awal penerapan relaksasi Pajak Penjualan atau Barang Mewah (PPnBM). Penjualan Avanza pada Maret 2021 tercatat dalam data wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) terkirim sebanyak 7.251 unit.

Sejak tahun lalu penjualan Toyota Avanza mulai terdepak sebagai mobil terlaris bulanan sejak April 2020. Para 'pembunuhnya' mulai dari Honda Brio, GranMax, Innova, Suzuki Carry dan lainnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Avanza Model Baru Bikin Heboh, Bos Toyota Komentar Begini


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading