Kasus Covid-19 RI Mulai Naik, Luhut: Kita Harus Contoh China

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
10 June 2021 11:35
4 Syarat berinvestasi di RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan ingin Indonesia lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Ia pun berharap Indonesia dapat mencontoh apa yang dilakukan China dalam penanganan Covid-19.

Saat menjadi pembicara dalam webinar Kementerian Perhubungan tentang optimalisasi angkutan barang tol laut, Rabu (10/6/2021), Luhut bercerita tentang ketatnya protokol kesehatan negeri tirai bambu saat pertemuan dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi.

"Saya mau share sedikit tentang empat hari kemarin kami melakukan dialog dengan State Consular China Wang Yi. Saya ingin share gimana mereka ketat dan disiplinnya menyelenggarakan program yang ada," kata Luhut.

"Saya contohkan selama empat hari kita bertemu, saya tidak bisa keluar dari tempat resort atau hotel pertemuan, dan semua di cek dengan baik, semua pejabat itu patuh. Pejabat yang melanggar itu akan diganti, tanpa ada peringatan lagi. Kenapa? Itu national interest," lanjutnya.



Luhut mengatakan, Indonesia juga harus berani melakukan itu dengan kepentingan nasional yang menjadi acuan.

Lebih lanjut, Eks Kepala Kantor Staf Presiden itu mengatakan, China dengan jumlah penduduk yang jauh lebih besar bisa super disiplin. China pun bisa menanggulangi penularan virus corona penyebab Covid-19.

"Kita harus mencontoh China. Sekarang Covid mulai naik, kita harus ingatkan. Karena ini menyangkut kemanusiaan. Kemarin saya lihat angka-angkanya mulai naik," ujar Luhut.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading