Mau Jadi Pionir Energi Bersih, Bali Ternyata Kaya EBT

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
09 June 2021 16:05
Motorists pass a damaged gate following an earthquake in Nusa Dua, Bali, Indonesia, July 16, 2019. REUTERS/Johannes P. Christo

Jakarta, CNBC Indonesia - Bali ingin menjadi salah satu provinsi pionir dalam penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT), khususnya penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap.

Direktur Eksekutif Institute For Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan, potensi EBT di dalam Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Bali adalah energi surya sebesar 1.200 mega watt (MW) dan energi angin hampir 1.000 MW.

Namun, menurut Fabby realisasi penggunaan energi surya di Bali masih lebih rendah dari potensinya. Oleh karena itu, ini menjadi tantangan baru untuk merealisasikan.


"Bagaimana merealisasikannya, dorong dengan manfaatkan jadi energi listrik dan jadikan Bali sebagai Provinsi energi terbarukan," paparnya dalam sambutan webinar 'Bali Menuju Energi Bersih' Rabu (09/06/2021).

Fabby mengaku tidak ragu terhadap rencana Bali ingin menjadi pionir Provinsi Energi Bersih. Menurutnya, berdasarkan potensi yang ada, semua kebutuhan listrik di Bali bisa dipenuhi dengan EBT, salah satunya tenaga surya. Energi surya menurutnya memiliki keunikan dibandingkan dengan energi yang lain.

"Kenapa surya, tentunya ini karena energi surya di mana PLTS dari panas matahari ke listrik ada keunikan yang tidak dimiliki teknologi lain," ujarnya.

Dia pun memaparkan sejumlah keunggulan PLTS. Pertama, teknologi PLTS cukup fleksibel karena bisa dipasang di atas tanah, danau, waduk, dan di atas atap. Kedua, tidak ada economy of scale (skala ekonomi), sementara energi yang lainnya membutuhkan skala ekonomi ini.

Ketiga, secara teknologi, PLTS adalah yang paling demokratis karena bisa diakses, dipasang, dan dimanfaatkan seluas-luasnya dan tidak harus membutuhkan investasi yang besar.

"Potensi besar yang belum optimal adalah PLTS Atap, ini adalah salah satu yang mudah sekali dipasang dan diakses untuk capai target RUED Bali, sehingga butuh partisipasi masyarakat," tuturnya.

Top 10 Pengguna PLTS Atap
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading