Dubes Saudi Sowan MUI Pusat, Bahas Haji Hingga Pelatihan Dai

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
09 June 2021 06:00
Pertemuan Duta Besar Arab Saudi dan pengurus MUI pusat di kantor MUI, Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Jakarta, CNBC Indonesia - Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Republik Indonesia Syekh Ishom Abeed Tsaqafy bersama rombongan berkunjung ke kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar, Waketum MUI KH Marsudi Syuhud, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, Ketua MUI KH Cholil Nafis hingga Bendahara Umum MUI Misbahul Ulum.

Sekjen MUI Amirsyah Tambunan kepada CNBC Indonesia, Selasa (8/6/2021), mengungkapkan dalam pertemuan itu, Dubes Saudi menghargai keputusan pemerintah RI membatalkan keberangkatan jemaah calon haji tahun ini. Tujuan dari keputusan itu adalah jemaah calon haji tanah air ada kepastian, yaitu tidak berangkat ke tanah suci tahun ini.



Di sisi lain, menurut Amirsyah, Saudi belum memberikan izin kepada satu negarapun terkait ibadah haji.

"Jadi kalau ada beredar isu 11 negara, itu tidak ada sama sekali, itu berita hoaks, satu negarapun belum diberikan izin," tegasnya.

"Tadi ada peserta yang bertanya bagaimana kalau sebagian? beliau menjawab wallahu'alaim bishawab, dia tidak bisa menjawab karena itu akan, ya beliau tidak mau berspekulasilah soal itu," kata Amirsyah.

Pertemuan itu, lanjut dia, juga membicarakan kemungkinan kerja sama antara MUI dan Kedubes Saudi. Misalnya pelatihan dai asal Indonesia untuk meningkatkan kapasitas hingga kerja sama dalam bidang sertifikasi halal.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading