China Janji Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tak Molor

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
08 June 2021 13:35
Ilustrasi bendera China. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - China berjanji penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sesuai jadwal alias tak molor. Proyek ini ditargetkan uji coba pada November 2022.

Komitmen China terungkap pada pertemuan tingkat tinggi antara Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menko Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan dan delegasi Indonesia belum lama ini.

Kementerian Luar Negeri China, menyampaikan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung bagian dari program Belt and Road Initiative (BRI). China akan meningkatkan kerja sama dengan Indonesia untuk menyelesaikan proyek kereta cepat.


"Kedua belah pihak akan lebih menyelaraskan Belt and Road Initiative dan visi Poros Maritim Global untuk memastikan penyelesaian kereta api cepat Jakarta-Bandung sesuai jadwal," jelas Kemenlu China, dikutip dari www.fmprc.gov.cn, Selasa (8/6/21).

China dan Indonesia sepakat untuk bekerja membentuk Koridor Ekonomi Komprehensif Regional dan memulai efektivitas kerja sama lainnya di bawah program BRI.

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan menjadi kebanggaan Indonesia saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara G20 nanti. Sebab, Indonesia akan menjadi tuan rumah atau Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) Tahun 2022. Pertemuan puncak akan berlangsung di Bali pada November 2022.

Pada momen G20 tahun depan, ada agenda agar Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping meresmikan dan menjajal perdana kereta cepat dari sekian para pemimpin G20. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan uji coba pada bulan November 2022 nanti.

"Hingga saat ini terkait peresmian dengan Presiden China Xi Jinping, kami belum mendapatkan informasi resmi, tapi jika memang diharapkan seperti itu, kita siap melakukan hal itu. Kita tinggal menunggu arahan dari pemerintah," jelas General Manager Corporate Secretary KCIC, Mirza Soraya, kepada CNBC Indonesia, dikutip Selasa (8/6/2021).


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading