Lewat Semua! Xi Jinping Cobain Duluan Kereta Cepat JKT-BDG

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
08 June 2021 09:09
Pertemuan Jokowi dan Xi Jinping di G20 (Biro Pers Kesekretariat Presiden/Laily Rachev)

Jakarta, CNBC Indonesia - Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan menjadi kebanggaan Indonesia saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara G20 nanti. Sebab, Indonesia akan menjadi tuan rumah atau Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) Tahun 2022. Pertemuan puncak akan berlangsung di Bali pada November 2022.

Pada momen G20 tahun depan, ada agenda agar Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping meresmikan dan menjajal perdana kereta cepat dari sekian para pemimpin G20. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan uji coba pada bulan November 2022 nanti. 

"Hingga saat ini terkait peresmian dengan Presiden China Xi Jinping, kami belum mendapatkan informasi resmi, tapi jika memang diharapkan seperti itu, kita siap melakukan hal itu. Kita tinggal menunggu arahan dari pemerintah," jelas General Manager Corporate Secretary KCIC, Mirza Soraya, kepada CNBC Indonesia, dikutip Selasa (8/6/2021).


Mirza menjelaskan saat ini progres pembangunan kereta cepat sudah mencapai 74% per Mei 2021. Pihaknya optimistis target ini masih tercapai hingga uji coba November 2022 mendatang.

Mirza mengatakan kereta cepat Jakarta - Bandung ini bisa menjadi simbol majunya transportasi Indonesia kepada negara sahabat. Terlebih dalam penyelenggaraan KTT G20 akan dihadiri oleh negara-negara maju seperti China, Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris, Jerman, Perancis, Arab Saudi, Jepang, Rusia, dan lainnya

"Tapi pembangunan bukan untuk mengejar saat KTT itu, kebetulan berbarengan, jadi penghormatan Indonesia jadi tuan rumah, dan kita bisa menunjukkan layanan layanan kereta cepat ini," jelasnya.

RI Punya Kereta Cepat Pertama di ASEAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading