Beruntun! Tak Cuma Honda, Chevrolet Juga Recall Ribuan Mobil

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
04 June 2021 14:15
General Motors assembly workers connect a battery pack underneath a partially assembled 2018 Chevrolet Bolt EV vehicle on the assembly line at  Orion Assembly in Lake Orion, Michigan, U.S., March 19, 2018.  Photo taken March 19, 2018.   REUTERS/Rebecca Cook

Jakarta, CNBC Indonesia - Selain Honda yang melakukan recall akibat persoalan fuel pump dan airbag, ternyata Chevrolet Indonesia ternyata lebih dulu menjalankan kampanye recall.

Recall ini melakukan penggantian airbag produksi TAKATA yang terpasang pada sisi pengemudi, di beberapa tipe kendaraan Chevrolet yang dijual di Indonesia. Meski saat ini Chevrolet di Indonesia tak lagi melakukan penjualan unit semenjak Maret 2020.

"Hal ini tidak lain adalah sebagai wujud komitmen Chevrolet Indonesia untuk terus menyediakan layanan purna jual, penyediaan suku cadang, perlindungan garansi (warranty) bagi seluruh pemilik kendaraan Chevrolet, termasuk perbaikan kendaraan di bawah kegiatan safety recall," kata Direktur Aftersales and Customer Care General Motors Indonesia Dadan Ramadhani dalam keterangan resmi dikutip Jumat (4/6).


Safety recall penggantian airbag ini adalah kegiatan yang sama yang berlangsung secara global pada beberapa merk kendaraan di dunia, termasuk yang sedang dilakukan oleh beberapa merk kendaraan di Indonesia.

Program ini bermula dari notifikasi National Highway Traffic Safety Administrator (NHTSA) di Amerika yang menemukan adanya resiko serius bahwa serpihan logam yang berasal dari wadah (container) propellant didalam airbag dapat terlontar pada saat airbag mengembang, yang bisa mengakibatkan cedera serius, bahkan kematian.

Untuk kendaraan Chevrolet di Indonesia, safety recall penggantian airbag ini telah dimulai sejak tahun lalu, melibatkan sekitar 8.000 kendaraan, dimana telah lebih dari 30% dari jumlah itu sudah mendapatkan penggantian, baru yang telah didesain ulang. Penggantian airbag ini memakan waktu sekitar 1 jam, tanpa dipungutbiaya.

Adapun jenis kendaraan Chevrolet yang terlibat di dalam safety recall airbag TAKATA ini adalah, batch tertentu dari:

Chevrolet Orlando : produksi tahun 2012 - 2017

Chevrolet Aveo : produksi tahun 2012 - 2014

Chevrolet Cruze : produksi tahun 2010 - 2013

Chevrolet Trax : produksi tahun 2016 - 2018


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Termasuk Avanza, Mobil-Mobil Ini Juga Kenal Recall Massal


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading