Amit-amit Kalau Tsunami 30 M Terjadi, APBN RI Pasti Tekor!

News - Tirta, CNBC Indonesia
04 June 2021 14:35
BMKG Peringatkan Potensi Gempa Tsunami di Jatim

Jakarta, CNBC Indonesia - Selain penyaluran kredit yang ugal-ugalan, inovasi keuangan yang kebablasan dan perang, bencana alam juga menjadi salah satu faktor yang dapat menimbulkan guncangan (shock) bagi perekonomian karena kerugian finansial yang ditimbulkan. 

Belum lama ini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan paparannya di sebuah Webinar bahwa Indonesia terutama di Provinsi Jawa Timur berpeluang mengalami gempa bumi dahsyat yang memicu terjadinya tsunami. 

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, apabila terjadi gempa dengan magnitudo 8,7 skala richter (hampir setara dengan gempa Aceh 2004) maka berpotensi besar mendatangkan tsunami dengan genangan air setinggi 30 meter. 


Genangan air setinggi itu jelas akan menenggelamkan seluruh perkampungan warga. Di daerah urban, hanya gedung-gedung minimal berlantai tiga saja yang akan terlihat. Bukan tidak mungkin satu desa akan benar-benar hilang karena hanyut terbawa arus yang deras.

Paparan tersebut bukan maksud untuk menakuti, tetapi untuk memberikan peringatan agar pemerintah tetap waspada di tengah naiknya intensitas gempa bumi akhir-akhir ini. 

Secara geografis lokasi Indonesia membuatnya rawan terkena berbagai bencana alam mulai dari aktivitas vulkanik yang menyebabkan gunung meletus, lempeng tektonik yang rawan bergeser sehingga mengakibatkan gempa bumi bahkan sampai tsunami. 

Berdasarkan laporan World Risk Index, Indonesia menduduki peringkat 40 dari 181 negara yang dievaluasi untuk melihat seberapa besar risikonya terkena bencana alam. Skor Indonesia untuk tahun 2020 adalah 10,39. 

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia termasuk yang paling berisiko bersama dengan Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja dan Timor Leste. 

World Risk IndexFoto: World Risk Index

Berdasarkan makalah ilmiah yang dipublikasikan Dana Moneter Internasional (IMF), jika dibandingkan dengan negara-negara yang kurang berisiko menghadapi bencana alam, dampak yang ditimbulkan di negara berisiko tinggi adalah penurunan kesejahteraan masyarakat secara permanen ditinjau dari konsumsi sebesar 1,6%. 

Kerugian Ekonomi Akibat Tsunami dan Bencana Lain
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading