Menlu Retno: 2 RS Kampus di Sulsel & Jatim Raih Hibah Rp174 M

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
02 June 2021 13:48
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. saat Konfrensi Pers Kedatangan Vaksin Covid-19 Tahap 2, Bandara Soekarno Hatta, 31 Desember 2020.  (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Lestari Priansari Marsudi baru saja melakukan pertemuan bilateral dengan Perwakilan Tinggi Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Uni Eropa (UE) Borrell Fontelles pada, Rabu (2/6/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Retno juga menyaksikan penandatanganan MoU antara UE dengan KfW Jerman mengenai hibah tambahan sebesar 10 juta euro atau setara Rp 174 miliar (asumsi Rp 17.400/euro) untuk proyek KfW Jerman.

"Hibah tambahan sebesar 10 juta euro kepada proyek KfW Jerman akan disalurkan untuk memperkuat kapasitas dua university hospital di Sulawesi Selatan dan Jawa Timur dalam riset terkait penanganan Covid-19 dan pandemi lainnya di masa mendatang," kata Retno.



Ia mengatakan UE adalah salah satu mitra penting Indonesia. Ia membeberkan UE merupakan mitra dagang ketiga terbesar pada tahun 2020, dengan nilai US$ 25,5 miliar (Rp 364 triliun, asumsi Rp 14.200/US$) dan investor terbesar keenam, dengan nilai US$ 1,9 miliar (Rp 27,1 triliun) dalam hampir 7.000 proyek.

"Indonesia dan UE memiliki banyak kesamaan nilai: demokrasi, HAM, dan multilateralisme. Ini adalah pondasi kuat kerja sama Indonesia-Uni Eropa," jelas Retno.

"Pondasi yang kokoh ini juga membantu upaya kita menyelesaikan perbedaan-perbedaan pandangan dalam beberapa isu. Kita berkomitmen meletakkan kemitraan kita untuk tujuan strategis jangka panjang yang saling menguntungkan," lanjut Retno.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading