Perusahaan 'Misterius' PT TMI & Belanja Alutsista Rp1.760 T

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
02 June 2021 07:15
A Russian Sukhoi Su-35 air force jet seen during MAKS-2009 (the International Aviation and Space Show) in Zhukovsky, Russia, Tuesday, Aug. 18, 2009. (AP Photo/Misha Japaridze)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Teknologi Militer Indonesia (PT TMI) merilis pernyataan resmi merespons pemberitaan tentang keterlibatan perusahaan dalam pengadaan alat peralatan pertahanan dan keamanan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Seperti diketahui, keterlibatan PT TMI dalam pengadaan alpahankam Kemenhan senilai US$ 124,99 miliar atau sekitar Rp 1.760 triliun diketahui dari draft raperpres yang beredar luas. Pada waktu yang sama, beredar pula surat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang intinya menunjuk PT TMI sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam program itu.

Dalam keterangan tertulis resmi, Corporate Secretary PT TMI Wicaksono Aji menjelaskan PT TMI dibentuk oleh Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan (d/h Yayasan Kesejahterahaan Pendidikan dan Perumahan di bawah Kemenhan).

PT TMI, menurut dia, adalah wadah dari para ahli-ahli alutsista berteknologi canggih, ahli elektronika, dan teknokrat anak bangsa yang mempelajari dan alih teknologi (ToT) dalam proses pencarian alutsista terbaik. Peran PT TMI adalah menganalisa dan memberi masukan kepada pihak-pihak yang membutuhkan, baik itu pemerintah, pendidikan ataupun swasta dalam hal ToT.




"Perlu diketahui bahwa tidak ada satu kontrakpun dari Kementerian Pertahanan ke PT TMI. PT TMI tidak ditugaskan untuk pembelian atau pengadaan oleh Kementerian Pertahanan," ujarnya.

Wicaksono menjelaskan, visi PT TMI adalah mewujudkan ToT yang berbobot, yang benar-benar berkualitas dari segi teknologi dan teknis. Ia memastikan kehadiran PT TMI adalah untuk menjawab permasalahan ToT yang selama ini belum maksimal, yang kerap kali disebabkan oleh beberapa prinsipal yang belum penuh dalam memberikan teknologi kepada Indonesia.

Bertindak sebagai Chairman PT TMI adalah sahabat karib Prabowo, yaitu Mayor Jenderal TNI (Purn) Glenny Kairupan. Sementara yang bertindak sebagai President sekaligus CEO adalah Harsusanto.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading