Asyik! Cimanggis-Cibitung Bablas Via Tol Juni Tahun Depan

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
31 May 2021 16:05
Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan jalan Tol Cimanggis - Cibitung ditargetkan selesai pada Juni 2022. Ruas tol ini merupakan bagian dari jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, saat ini secara keseluruhan progres pembebasan lahan jalan tol Cimanggis - Cibitung sudah 86,52% dan progres pelaksanaan konstruksinya telah mencapai 78,80%. Pembebasan lahan tengah diselesaikan dalam waktu dekat sehingga proyek ditargetkan rampung pada Juni 2022.

"Jalan tol ini sangat bermanfaat khususnya untuk mengurangi atau mempercepat waktu tempuh, jika sebelumnya jalan nasional yang tertumpu di sana, maka nantinya akan terbagi antara jalan tol dan jalan nasional" jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (31/5/2021).


Jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang dikerjakan oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways ini memiliki total panjang 26,2 km yang dibagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi 1 ruas Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya/Transyogi (3,17 km) yang telah beroperasi sejak 26 Oktober 2020, dan Seksi 2 Ruas On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung (23 km).

Pelaksanaan konstruksi pada Seksi 2 ini terdiri dari Segmen Jatikarya - Cikeas (3,38 Km) yang ditargetkan rampung pada Desember 2021 dan Segmen Cikeas - Cibitung (19,63 Km) pada Juni 2022.

Sebelumnya, jaringan ruas JORR 2 sendiri ditargetkan selesai semua pada pertengahan - akhir tahun 2022. Tiga ruas tol yang masih ditunggu penyelesaianya adalah adalah Cibitung - Cilincing (33,9 km), Cimanggis - Cibitung (25,4 km) dan Cinere Jagorawi (Cijago) Seksi 3 ini.

Kapala Badan Pengatur Jalan Tol, Danang Parikesit mengatakan, Cijago seksi tiga ditarget beroperasi pertengahan 2022, begitu juga ruas Cimanggis - Cibitung dan Cibitung - Cilincing.

"Karena ruas Cimanggis - Cibitung dan Cibitung Cilincing akan tuntas diakhir tahun ini atau awal tahun depan, sehingga JORR2 bisa beroperasi secara penuh dengan tarif yang terintegerasi, saat ini tarifnya hanya beroperasi pada masing-masing ruas," kata Danang pada Ground Breaking Cijago Seksi 3, Jumat (28/5/2021).

Tarif yang akan berlakukan akan terintegrasi seperti tarif Jaringan JORR 1, dan tol Dalam Kota. Kalau ini bisa dilakukan, menurut Danang arus barang nantinya tidak akan lagi menggunakan arus dalam kota, tapi akan menggunakan ruas JORR 1 dan JORR 2.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading