Heboh SMS BMKG Soal Tsunami, Nggak Taunya Prank!

News - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
27 May 2021 11:25
BMKG

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada hari ini masyarakat dihebohkan dengan beredarnya pesan singkat yang berisi peringatan gempa berkekuatan 8,5 M dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Mulanya, tangkapan layar pesan singkat berisi peringatan gempa ini diunggah oleh sejumlah warganet di Twitter.

Pesan ini berisi peringatan dini tsunami untuk Provinsi Jawa Timur, NTB, Bali, NTT, hingga Jawa Tengah. Gempa disebut berkekuatan 8,5 magnitudo.


"Peringatan Dini Tsunami di JATIM NTB BALI NTT JATENG Gempa Mag:8.5 04-Jun-21 10:14:45WIB Lok:10.50LS 114.80BT Kdlmn:10Km::BMKG," bunyi pesan yang dikirim oleh KominfoBMKG seperti dilihat CNBC Indonesia, Kamis (22/5/2021).

BMKG pun angkat suara perihal kejadian tersebut. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Rahmat Triyono saat dikonfirmasi menegaskan bahwa pesan tersebut terkirim karena kesalahan sistem.

"Mohon maaf terjadi kesalahan system pengiriman TEST-Peringatan Dini Tsunami di JATIM,NTB,BALI,NTT,JATENG,...::BMKG," katanya.

Adapun melalui akun Twitter resminya, Kepala Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BKMG Daryono memastikan bahwa Indonesia Tsunami Early Warning System dalam kondisi aman.

"Pusat Gempa Nasional/InaTEWS BKMG Jakarta saat ini dalam kondisi aman," kata dia.

Dayono pun telah memastikan peringatan tersebut merupakan kesalahan. Pihak BMKG, sambung dia, saat ini juga tengah menginvestigasi terkait hal tersebut. "Masalah ini sedang kita investigasi," jelasnya.

Lantas netizen pun menanggapinya kembali. "Kok seram ya? Prank kok tsunami." tutur netizen di Twitter.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading