Penjelasan Lengkap BMKG Soal Gempa M 5,3 di Selatan Cianjur

News - MAIKEL JEFRIANDO, CNBC Indonesia
16 March 2022 10:57
BMKG

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis pernyataan lengkap ihwal gempabumi yang mengguncang selatan Jawa Barat beberapa saat lalu.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno gempa yang terjadi pukul 10.00.01 WIB di wilayah Pantai Selatan Cianjur, Jawa Barat, masuk ke dalam kategori gempa tektonik.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,94° LS ; 106,94° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 45 km arah selatan Agrabinta, Cianjur, Jabar pada kedalaman 64 km," ujar Bambang, Rabu (16/3/2022).

Menurut dia, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempabumi itu berdampak dan dirasakan di sejumlah daerah, yaitu:

a. Pelabuhan Ratu dan Cianjur dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah)
b. Garut, Pandeglang, Bayah dan Panimbang dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu )
c. Lebak Selatan, Cilegon dan Sukabumi dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu )
d. Jakarta, Banjar, Bandung Barat, Purwakarta, Tangerang Selatan, Bandung, Bekasi, Depok dan Serang dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Bambang.

Lebih lanjut, dia mengatakan, hingga pukul 10.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gempa M 7,5 di Barat Laut NTT, BMKG Rilis Peringatan Tsunami


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading