Kemendikbud Gelar Akademi Vokasi Indonesia ke-3 di Makassar

News - Advertorial, CNBC Indonesia
25 May 2021 00:00
adv kemendikbud

CNBC Indonesia - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kembali menggelar Akademi Vokasi Indonesia (AVI) ke-3, kali ini di Makassar, Sulawesi Selatan dengan mengusung keahlian teknik otomotif.

Gelaran ini mengajak peserta didik vokasi di wilayah Kota Makassar dan sekitarnya untuk ikut berkompetisi menguji keahlian di bidang teknik otomotif di mana pendaftaran akan dibuka pada 25 Mei hingga 2 Juni 2021. Pendaftaran dapat diakses melalui melalui link https://bit.ly/avimakassarPendaftar akan terlebih dahulu menjalani seleksi berkas dan 15 peserta yang berhasil lolos ke babak final akan diumumkan diumumkan pada tanggal 3 Juni 2021.

15 peserta terpilih akan mengikuti Final Akademi Vokasi Indonesia pada 5 Juni 2021. Bekerjasama dengan Kalla Group of Companies khususnya Kalla Toyota. Peserta didik vokasi ini adalah tingkat Sekolah Menengah KejuruanPoliteknik, maupun Lembaga Kursus dan Pelatihan.

5 Peserta terbaik akan memperoleh laptop Estima karya anak bangsa, dan satu orang terbaik akan memperoleh tabungan pendidikan senilai Rp 15 juta. Selain itu, akan ada juga kesempatan magang untuk 15 orang terpilih di Kalla Group of Companies.

Sebelumnya, Akademi Vokasi Indonesia merupakan ajang untuk menggali sejumlah potensi para siswa dan mahasiswa vokasi di tanah air. Setelah sukses digelar di Jakarta dengan tema keahlian Tata Rias, dan Akademi Vokasi Indonesia kedua bertema keahlian Tata Busana di gelar di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Persyaratan Peserta

Pendidikan :

  • Peserta lomba adalah siswa SMK atau mahasiswa aktif semua jurusan sekolah vokasi di Sulawesi, khususnya wilayah Makassar dan sekitarnya. Lulusan pendidikan vokasi dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun diperbolehkan untuk mendaftar.
  • Siswa/Alumni SMK jurusan otomotif, elektro, dan teknik mesin. Atau memiliki sertifikat di bidang relevan dari Balai Latihan Kerja

Usia : Min 15 tahun, maks 25 tahun

Pengetahuan dan Skill :

  • Memiliki pengalaman di bidang kendaraan bermotor roda dua dan roda empat
  • Mampu melakukan pengerjaan mesin kendaraan dengan cepat dan tepat
  • Mengetahui peralatan mekanik
  • Memiliki pengetahuan dasar tentang otomotif dan sparepart kendaraan
  • Memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar komputer (Min. MS Office)

Ketentuan dan Mekanisme

  1. Mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran berisi data diri dan mengunggah dokumen Curriculum Vitae dan Sertifikat Pelatihan Otomotif (jika ada) pada link https://bit.ly/avimakassar
  2. Mempersiapkan Skill Automotive khususnya Roda Empat pada saat hari pelaksanaan Final Akademi Vokasi Indonesia pada Sabtu, 5 Juni 2021.
  3. Peserta merupakan 1 orang teknisi
  4. Peserta wajib menggunakan Wearpack yang disediakan oleh panitia
  5. Peserta diwajibkan hadir pada pukul 08.00 WIB di Bengkel Kalla Toyota Nipah Mall
  6. Peserta tidak dipungut biaya pada acara Akademi Vokasi 2021
  7. Peserta datang 30 menit sebelum acara perlombaan dimulai untuk presensi dan tes antigen
  8. Setiap peserta yang telah hadir akan mengambil nomor urut presentasi secara acak setelah registrasi
  9. Total waktu yang diberikan setiap peserta adalah 15-20 menit dengan rincian : 15 menit menyelesaikan service kendaraan / masalah permesinan "Automotive Skill Challenge" dan 5 menit presentasi serta tanya jawab dewan juri
  10. Para peserta dianggap telah membaca, mengerti syarat dan ketentuan yang ada, serta menyetujui untuk mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan

Tahap Seleksi :

  • Pendaftaran dan Seleksi Berkas : 25 - 2 Juni 2021
  • Pengumuman Peserta Lolos Final : 3 Juni 2021
  • Final Akademi Vokasi Indonesia : 5 Juni 2021

Fasilitas dari Penyelenggara

  • Biaya Transportasi
  • Konsumsi
  • Test Antigen
Artikel Selanjutnya

DBS Indonesia Bantu Operasional Indomobil di Masa Pandemi


(adv/adv)
Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading