Gebrakan Sri Mulyani: Pajak Orang Kaya Naik Jadi 35%!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
25 May 2021 14:20
Infografis: Skema Kebijakan Terpadu KSSK

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang kaya di Indonesia harus bersiap dengan tarif pajak penghasilan (PPh) yang baru. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati baru saja mengumumkan rencana pengenaan tarif 35% untuk penghasilan di atas Rp 5 miliar ke atas.

"Kita juga akan lakukan tarif dan bracket dari PPh OP (orang pribadi). Untuk high wealth individual itu kenaikan tidak terlalu besar, dari 30% ke 35% dan itu untuk mereka yang pendapatannya di atas Rp 5 miliar per tahun," ujarnya dalam raker dengan Komisi XI DPR RI.

Perubahan tarif ini akan tertuang dalam revisi Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP) yang sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.


Sri Mulyani juga menjelaskan, peningkatan tarif PPh OP untuk orang kaya ini diberikan untuk menciptakan keadilan di masyarakat. Sebab, saat ini hanya sedikit masyarakat yang masuk ke golongan tersebut.

"Itu hanya sedikit sekali orang di Indonesia yang masuk dalam kelompok itu, mayoritas masyarakat kita masih tidak berubah dari sisi bracket atau tarifnya," jelasnya.

Berikut tarif yang berlaku saat ini:


Layer I : Penghasilan sampai Rp 50 juta dikenakan tarif 5%
Layer II : Penghasilan Rp 50 juta-Rp 250 juta dikenakan tarif 15%
Layer III : Penghasilan Rp 250 juta-Rp 500 juta dikenakan tarif 25%
Layer IV : Penghasilan di atas Rp 500 juta dikenakan tarif sebesar 30%


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading