Jokowi Heran Kasus Covid-19 di Riau Melesat: Ini Ada Apa?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 May 2021 11:15
foto/ Pengarahan Presiden RI kepada Forkopimda Se-Provinsi Riau, Pekanbaru, 19 Mei 2021/ Youtube : Setpres

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara pertemuan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Riau di Pekanbaru, Riau, Kamis (20/5/2021). Saat memberi pengarahan, Jokowi menaruh perhatian atas penanganan Covid-19 di provinsi tersebut.

"Kenapa saya datang ke Riau ini karena ingin mengingatkan, mengingatkan kita semuanya betapa kita perlu bekerja bersama-sama, jangan lengah dan ada respons yang cepat kalau ada peningkatan," ujarnya.

"Data itu selalu setiap hari menjadi makanan sehari-hari saya. Posisi setiap provinsi seperti apa, posisi nasional seperti apa, kabupaten dan kota seperti apa, kelihatan semuanya. Saya datang ke sini juga dalam rangka itu karena angkanya kelihatan," lanjutnya.

Jokowi lantas mencontohkan peningkatan kasus aktif di Riau yang belakangan terus meningkat.

"Bulan Februari coba kita lihat masih rendah, Februari masih rendah yang dulu 2020, September, tertinggi. Sudah turun sebetulnya, sudah turun sampai ke angka 1.071 di Februari sudah turun. Ini ada kelengahan pasti, begitu Maret naik 1.302, langsung April naik menjadi 4.865 meskipun sekarang turun sedikit tapi masih di posisi yang tinggi. Hati-hati mengenai ini, hati-hati," ujarnya.



Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan keheranan atas peningkatan kasus Covid-19 di sejumlah kabupaten dan kota di Riau.

"Kita lihat per kabupaten dan kota kelihatan, meskipun warna hijau, itu coba sebelumnya rendah kemudian semua eksponensial melonjaknya drastis, ini ada apa? Kelengahan kita tidak melihat kasus per kasus itu harian. Sehingga tahu-tahu eksponensial. Dari Maret kemudian eksponensial naik," kata Jokowi.

"Memang ada 10 kabupaten ini sudah turun tapi masih tinggi. Yang merah tadi dua hati-hati, mana tadi, Pelalawan dan yang merah satu lagi di Kepulauan Meranti. Kelihatan semuanya. Jadi saya membaca kelihatan sekali. Mana yang merah, mana yang hijau, kelihatan dalam kurva dan grafis seperti itu," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, mantan Wali Kota Solo itu secara khusus menyoroti peningkatan kasus di Dumai.

"Kenapa di Dumai? Peningkatannya seperti itu apakah karena ada pekerja migran, TKI, yang kembali atau tidak atau karena interaksi karena kota pelabuhan, interaksi antarmasyarakat di sana yang tinggi, ternyata interaksi sehingga hati-hati di sana memang harus diberikan perhatian. Saya tadi sudah perintahkan ke pak menkes (Budi Gunadi), Dumai berikan perhatian untuk vaksinasinya, jangan sampai keterusan," kata Jokowi.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading