Masuki Puncak Arus Balik, Aparat Siaga di Titik Penyekatan!

News - Maikel Jefriando, CNBC Indonesia
16 May 2021 08:01
Arus balik menuju Jakarta terpantau padat selama akhir pekan ini. PT Jasa Marga (Persero) mencatat, total volume lalin yang menuju Jakarta hari ini, Minggu (1/11/2020), naik 36,8% jika dibandingkan lalin saat normal.

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada hari ini hingga esok. Aparat dipastikan berjaga di titik penyekatan.

"Ke depan ini ada kemungkinan proyeksinya itu kenaikan orang pasca Lebaran di tanggal 16 dan 17. Karena di situ setelah hari minggu besok harus kerja," kata Budi Karya seperti dikutip dari detikcom, Minggu (16/5/2021).

Karena itu, Budi Karya meminta kepada segenap timnya untuk melakukan konsolidasi, baik mempersiapkan orang maupun mekanisme pada saat arus balik. Budi Karya yakin arus balik nantinya bakal berjalan dengan baik.


"Saya yakin apa yang dilakukan setelah ini berjalan baik, saya pikir pada saat mudik pasca lebaran ini akan terkelola dengan baik asal kita tahu bahwa itu adalah tugas bangsa," terangnya.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Istiono menyatakan pihaknya bersama pemerintah akan melakukan tes cepat antigen kepada para pemudik. Kebijakan itu dimulai sejak kemarin.

"Untuk wilayah Sumatra (Aceh sampai Lampung) merupakan wilayah atensi Covid-19. Oleh karenanya, sebelum melakukan penyeberangan, harus dilengkapi surat bebas Covid-19," kata Istiono.

"Bila hasil random test menunjukkan positif, langsung dirujuk RS terdekat yang sudah ditunjuk," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading