Menhub: Pemudik dari Sumatra & Bali Wajib Tes Cepat Antigen

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 May 2021 12:50
Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan pemerintah telah mewajibkan tes cepat antigen terhadap pemudik yang akan kembali ke Jakarta dan sekitarnya. Dalam taklimat media virtual, Sabtu (15/5/2021), Budi Karya mengungkapkan alasan di balik kebijakan itu.

"Berasal dari apa yang kita diskusikan bahwa kita memang melihat kemungkinan kalau tidak dilakukan suatu manajemen upaya-upaya tertentu maka akan timbul Covid-19 baru baik di daerah asal maupun daerah kota besar. Oleh karenanya, kita berinisiatif melakukan testing di tempat-tempat tertentu yang sensitif," katanya.

"Kita memberikan mandatory di dua tempat yaitu antara Jawa-Sumatra dan antara Bali-Jawa. Nah ini menjadi satu mandatory bahkan pak menkes (Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin) memberikan subsidi atas antigen di beberapa tempat itu," lanjut Budi Karya.



Di beberapa daerah di Jawa, dia bilang kalau pemerintah akan melakukan tes acak. Sementara tes wajib akan dipusatkan di salah satu jalan arteri di Jawa Barat.

"Secara khusus kita akan melakukan "penyekatan", melakukan testing di jalan arteri Balonggandu, Karawang. Artinya kita secara intensif melakukan upaya-upaya," kata Budi Karya.

Lebih lanjut, dia menegaskan langkah itu bukan berarti pemerintah ingin mempersulit pemudik, melainkan semata-mata sebagai bentuk kewaspadaan dalam membendung penyebaran Covid-19.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading