Begini Penampakan Harga Sembako 'Beterbangan' Jelang Lebaran!

News - Tirta, CNBC Indonesia
11 May 2021 15:10
daging ayam ras

Jakarta, CNBC Indonesia - Sudah jadi langganan ketika menjelang hari raya Idul Fitri harga bahan-bahan pokok 'beterbangan'. Tahun lalu saat pandemi Covid-19 merebak dan daya beli masyarakat lemah, harga tetap membandel. Tahun 2021 pun tak beda jauh dengan tahun 2020, pandemi Covid-19 masih ada dan harga sembako mengalami kenaikan jelang lebaran. 

Bank Indonesia (BI) memperkirakan bulan ini bakal terjadi inflasi 0,15% (mtm) dibanding bulan lalu. Jika dihitung menggunakan tahun kalender maka inflasi tercatat 0,73% (ytd). Namun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu inflasi naik 1,51% (yoy).

Harga komoditas bahan pangan masih menjadi pemicu utama inflasi. Namun kali ini pos penyumbang inflasi terbesarnya jika dihitung per item bukanlah makanan melainkan angkutan antar kota yang diprediksi naik 0,11%. 


Meskipun pemerintah telah menetapkan kebijakan larangan mudik 2021, tetap saja aktivitas pulang kampung terpantau masih dilakukan oleh sebagian masyarakat. Permintaan terhadap angkutan umum meningkat dan harga pun naik. 

Beralih ke komoditas pangan, menurut BI harga daging-dagingan akan menjadi penyumbang inflasi, sementara harga cabai dan bawang merah bakal jadi komoditas yang mengalami deflasi. 

Apabila mengacu pada pusat data pangan nasional (PIHPS), harga daging ayam maupun daging sapi memang terpantau naik. Pada minggu kedua April rata-rata harga daging ayam di pasar tradisional dalam negeri dipatok di Rp 37.800/kg. Harga sempat turun ke Rp 35.900/kg.

Namun harga mulai merangkak naik di awal Mei atau tepatnya dua minggu jelang lebaran Idul Fitri. Kini harga satu kilogram daging ayam dibanderol di Rp 37.950 di pasar-pasar tradisional domestik.


Harga daging sapi awalnya cenderung flat. Namun juga melambung di awal Mei. Akhir pekan lalu rata-rata harga daging sapi masih di Rp 128.000/kg. Awal pekan ini harga sudah naik menjadi Rp 133.750/kg. 

Kenaikan harga minyak sawit mentah juga turut mendongkrak harga minyak goreng di pasaran. Harga minyak goreng yang sebelumnya stabil di bawah Rp 14.000/kg kini menyentuh Rp 14.250/kg. 

Harga cabai rawit dan bawang merah yang biasanya sangat sensitif terhadap faktor musiman dan juga pola distribusi sebenarnya berada pada tren menurun. Namun belakangan ini harga kedua komoditas tersebut mulai merangkak naik. 

Untuk kasus cabai rawit hijau, harga sempat berada di bawah Rp 46.000/kg awal Mei. Namun kemarin harga sudah menyentuh Rp 47.600/kg. Hal yang sama juga terjadi pada cabai rawit merah. 

Harga cabai rawit merah akhir bulan lalu sudah turun dari yang sebelumnya mencapai Rp 80.000/kg menjadi ke bawah Rp 65.000/kg. Namun kini harga naik lagi dan tembus Rp 70.000/kg. 

Sementara itu harga bawang merah yang sebelumnya sempat berada di bawah Rp 33.000/kg, kini sudah naik mendekati Rp 34.000/kg. 

Harga bawang putih yang sebelumnya berfluktuasi di rentang Rp 30.000 - Rp 30.250 per kilogram pun kini ikut naik dan semakin mendekati Rp 30.500/kg. 

Pandemi Covid-19 justru tak menjadi halangan harga untuk naik. Malahan dengan pembatasan mobilitas dan aktivitas membuat produktivitas di sektor yang kurang terjamah teknologi digital menjadi turun. 

Apalagi lebaran tahun ini sangat mepet dengan periode musim hujan yang ekstrem yang memicu banjir terjadi di mana-mana. Faktor cuaca ini juga semakin memperburuk kondisi. Pasokan menjadi menurun akibat produksi juga menurun dan stok menipis karena tanaman hortikultura seperti cabai sangat sensitif terhadap air. 

Delay waktu pengiriman yang dibarengi dengan lonjakan permintaan di tengah adanya momentum pencairan tunjangan hari raya (THR) membuat fenomena kenaikan harga bahan pokok menjadi sangat wajar. 

Well, setidaknya ibu-ibu rumah tangga jika ingin berbelanja ke pasar harus siap merogoh kocek lebih dalam untuk membeli bahan dan bumbu ketupat serta opor untuk lebaran tahun ini. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dear Bunda, Ini Daftar Terbaru Harga Cabai-Daging, Naik Semua


(twg/twg)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading