Viral Pecahan 1.0, Apa Kabar Redenominasi Rp 1000 Jadi Rp 1?

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
10 May 2021 13:11
rupiah 1.0 (Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru saja viral mengenai uang pecahan 1.0 di media sosial. Banyak yang mengaitkan itu dengan rupiah jenis baru hingga beranggapan kalau redenominasi mata uang sudah dimulai.

Tapi tentu saja anggapan itu salah. Bank Indonesia (BI) memastikan bahwa pecahan yang beredar tersebut bukan rupiah, melainkan House Note atau uang specimen untuk kepentingan Peruri.

Lalu bagaimana kabar mengenai redenominasi?


"Wacana itu terus dilanjutkan," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono kepada CNBC Indonesia, Senin (10/5/2021).

Redenominasi, kata Erwin memiliki banyak aspek yang harus diperhatikan. Tanggung jawab kesuksesan program tersebu tidak hanya BI, pemerintah, dunia usaha namun juga masyarakat secara umum.

"Seperti pengalaman di banyak negara, akseptasi masyarakat memegang peran kunci. Persepsi salah tentang redenominasi yang dipersamakan dengan sanering (pemotongan nilai uang) di masa lalu," jelasnya.

"Selain itu kebijakan ini juga harus diterapkan dalam kondisi ekonomi yang stabil supaya tidak menimbulkan kepanikan yang nggak perlu," lanjut Erwin.

Pemerintah sebenarnya kembali memasukkan RUU Perubahan Harga Rupiah alias Redenominasi ke dalam Program Legislasi Nasional [Prolegnas] 2020-2024. Diharapkan program ini bisa berjalan di waktu yang tepat.

"Sambil menunggu saat yg tepat, kajian teknis terus dilakukan misalnya terkait rencana percetakan uang dan distribusinya. Ini keputusan nasional yang tidak hanya bergantung pada BI," ujar Erwin.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading